Tanaman Lengkuas; Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Tanaman Lengkuas

Tanaman lengkuas merupakan tanaman herbal yang sering kita jumpai dan berada disekitar kita. Tumbuhan lengkuas ini juga kerapkali disebut dengan nama “laos” yang dapat ditemukan didaerah ladang ataupun daerah persawahan.

Nama latin dari tanaman laos ini ialah Alpinia Galaga (L). Will, sedangkan untuk bahasa Inggris tanaman laos memiliki nama yaitu Greater Galangal dan  Blue Ginger. Tumbuhan laos berasal dari daerah Asia Tropika, penyebaran tumbuhan laos ini dimualai dari Malaysia, Filipina, Indonesia, Cina, Hongkong serta India. Ciri umum dari tanaman laos ini yaitu berdaun kecil dan memanjang mirip pita dengan ujung yang agak lancip dan bunganya yang memiliki tandan berwarna putih.

Fungsi atau manfaat dari tanaman laos bagi beberapa masyarakat yakni dapat digunakan untuk bumbu masakan serta bahan obat herbal karena tanaman laos ini memiliki banyak manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada didalam tubuh manusia atau makhluk hidup yang lain.

 Tanaman Lengkuas

Tanaman lengkuas merupakan salah satu bahan utama dalam bumbu masakan. Lengkuas memiliki bentuk yang padat, bulat oval, dan cukup besar. Lengkuas memiliki warna merah ketika masih muda dan warna berubah menjadi putih kekuningan ketika sudah ranum atau tua. Lengkuas memiliki daging rimpang yang tidak terlalu keras.

Lengkuas memiliki rasa gurih dan manis namun agak sengak serta beraroma harum yang khas. Lengkuas biasanya digunakan di Indonesia karena kuliner di Indonesia umumnya memiliki cita rasa dengan berempah lengkap dan berasa gurih.

Lengkuas dapat digolongkan dalam jenis umbi-umbian. Untuk memperoleh lengkuas, petani lengkuas umumnya memanen bagian akar atau rimpang dari tanaman lengkuas. Lengkuas tergolong cukup mudah ditemukan dipasar atau warung karena memang merupkan salah satu bumbu dasar yang wajib ada dibeberapa masakan baik yang sifatnya khas Indonesia ataupun yang umum. Lengkuas umum dijual per kilogram atau satu paket dengan bumbu penyedap lainnya.

 Lengkuas cukup banyak dimanfaatkan baik untuk kesehatana ataupun dalam masakan khas Indonesia. Lengkuas mengandung transkoniferil disasetat yang dapar digunakan untuk mencegah tumor. Selain itu, lengkuas juga cukup manjur digunakan untuk mencegah radang.

Lengkuas juga dimanfaatkan untuk obat anti mabuk kendaraan apabila sedang dalam perjalanan. Sedangkan untuk kuliner, lengkuas dimanfaatkan untuk menambah aroma dan cita rasa gurih dalam masakan. Jenis masakan yang memanfaatkan bahan rempah berupa lengkuas contoh seperti rendang, sayur asem, balado, dan lain sebagianya.

Klasifikasi Tanaman Lengkuas

Klasifikasi ilmiah dari tanaman lengkuas, antara lain sebagai berikut;

  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Liliopsida/ monokotil
  • Sub Kelas: Commelinidae
  • Ordo: Zingiberales
  • Famili : Zingiberaceae
  • Genus: Alpinia
  • Spesies: Alpinia galanga (L)

Ciri Morfologi Tanaman Lengkuas

Karakteristik morfologi dari tanaman lengkuas/laos ini, antara lain sebagai berikut;

Batang

Pengertian batang pada tanaman lengkuas merupakan terna yang memiliki umur panjang dengan tinggi kurang lebih 1 sampai 2 meter, bahkan dapat mencapai 3,5 meter lebih. Umumnya tumbuh dalam rumpun yang cukup rapat. Batangnya tumbuh tegak tersusun oleh beberapa pelepah daun yang bersatu membentuk batang semu dengan warna hijau agak keputih- putihan.

Batang muda tanaman ini keluar sebagai tunas dari pangkal batang yang sudah tua. Pohon lengkuas putih biasanya lebih tinggi dari pada lengkuas yang berwarna merah. Pohon lengkuas yang berwarna putih dapat mencapai tinggi sekitar 3 meter sedangkan untuk pohon lengkuas yang berwarna merah biasanya hanya sampai 1 sampai 1,5 meter

Daun

Daun tunggal memiliki warna hijau yang bertangkai pendek dan tersusun secara berseling. Daun dibagian bawah dan atas umumnya lebih kecil dari pada yang berada ditengah. Bentuk daunnya yaitu lanset memanjang dengan ujung agak runcing bagian pangkalnya tumpul dan bagian tepi daun cukup rata.

Pertulangan daunnya berbentuk menyirip dengan panjang daun sekitar 20  sampai 60 cm dan lebar 4 sampai 15cm. Pelepah daun tanaman panjangnya kurang lebih 15 sampai 30 cm yang beralur dan berwarna hijau. Pelepah daun ini saling menutup dan membentuk batang semu dengan warna hijau.

Bunga

Pengertian bunga pada tanaman lengkuas adalah bunga majemuk yang berbentuk lonceng memiliki bau yang harum dan berwarna putih kehijauan sampai dengan putih kekuningan. Pada bunga ini juga terdapat tandan yang bergagang cukup panjang dan ramping terletak tegak dibagian ujung batang.

Ukuran bunganya kurang lebih 10-30 cm x 5-7 cm. Jumlah bunga pada bagian bawah tandan lebih banyak dibandingkan bunga dibagian atas, sehingga tandan tampak berbentuk piramida yang memanjang. Panjang bibir bunga sekitar 2,5 cm dengan warna putih dan bergaris miring berwarna merah muda pada tiap sisi.

Mahkota bunga yang masih kuncup di bagian ujungnya berwarna putih sedangkan untuk bagian pangkalnya berwarna hijau yang memiliki bau cukup harum.

Buah

Buahnya buah buni yang berbentuk bulat dan agak keras. ketika masih muda memiliki warna hijau agak keakuningan, setelah tua warnanya berubah menjadi hitam kecoklatan dengan diameter kurang lebih 1 cm. namun ada juga yang warna buahnya merah terkadang juga berwarna hitam dengan biji agak kecil dan berbentuk lonjong.

Rimpang

Rimpang lengkuas cukup besar dan tebal dan berdaging dengan bentuk silindris berdiameter sekitar 2 sampai 4 cm serta bercabang-cabang. Bagian luar rimpang ini memiliki warna coklat agak kemerahan atau kuning kehijauan agak pucat yang memiliki sisik berwarna putih atau kemerahan dan terlihat keras mengkilap, sedangkan pada bagian dalam rimpang ini berwarna putih, untuk daging rimpang yang sudah tua berserat kasar.

Manfaat Tanaman Lengkuas

Kegunaan yang ada di dalam tanaman lengkuas, antara lain sebagai berikut;

Mengobati Penyakit Kulit

Rimpang lengkuas ditambah dengan bawang putih sebanyak 4 ruas rimpang lalu ditumbuk halus sampai menjadi bubur. Setelah halus tempelkan ramuan tersebut pada kulit yang sakit. Untuk kurap menahun tambahkan sedikit cuka kedalam racikan rimpang tersebut.

Selain itu untuk rimpang yang masih segar dicacah sampai halus dan ditambahkan sedikit cuka dapat digunakan untuk menghilangkan panu dikulit.

Sebagai Obat Tetes Telinga

Rimpang lengkuas juga dapat digunakan untuk mengobati telinga yang sakit. Caranya yaitu dengan ambil rimpang yang masih muda lalu aditumbuk dan diperas ambil airnya, lalu air tersebut dapat diteteskan sebagai obat sakit telinga.

Obat Gosok, Pelancar Kemih, dan Obat Penguat Empedu

Bagian rimpang yang masih muda dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kandung kemih dan empedu. Caranya yaitu dengan ambil rimpang lengkuas lalu diiris-iris dan direndam dalam alkohol, kemudian digosokkan pada bagian yang akan diobati.

Mengobati Rematik

Manfaat rimpang lengkuas yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengatasi penyakit rematik. Cara membuatnya yaitu dengan mengambil rimpang lengkuas lalu direbus ambil airnya yang masih hangat lalu gunakan untuk mandi.

Cara Budidaya Tanaman Lengkuas

Tahapan yang diperlukan dalam pengertian budidaya tanaman laos, antara lain sebagai berikut;

Pengolahan Lahan

Sebelum membahas teknik atau cara budidaya tanaman lengkuas, sebaiknya lebih dulu yang harus diketahui yaitu bagaimana cara mengolah lahan yang baik dan benar untuk menanam lengkuas agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Pengolahan lahan dilakukan setidaknya kurang lebih dua minggu sebelum masa penanaman. Hal ini ditujukan agar tanah terbebas dari senyawa-senyawa racun atau patogen penyebab penyakit setelah dibalik. Kegiatan pengolahan lahan seperti membuat bedengan, membajak tanah, memupuk tanah dan juga mengatur tingkat kemasaman tanah sampai pada Ph yang sesuai.

Penyemaian Bibit

Setelah mendapatkan benih lengkuas yang baik dan terbebas dari penyakit, langkah selanjutnya sebelum menanam yakni penyemaian. Benih lengkuas disemai terlebih dahulu dilahan yang khusus disiapkan untuk proses persemaian.

Persemaian dapat dilakukan didalam peti kayu dengan cara bibit lengkuas dipatahkan sampai masing-masing memiliki kurang lebih 4 mata ruas selanjutnya benih dijemur sehari penuh. Selanjutnya bibit dimasukan kedalam kotak kayu secara berlapis dengan urutan yaitu bibit lengkuas, abu sekam terus sampai bahan dan benih habis.

Proses Penanaman

Setelah lahan sudah ditumbuhi tunas lengkuas yang baru langkah selanjutnya yaitu dengan menyiapkan lahan untuk dapat ditanam pada bedengan. Cara tanam tumbuhan lengkuas cukup sederhana yaitu dengan memasukan bibit kedalam masing-masing lubang tanam yang sudah disipakan lalu ditimbun dengan tanah meskipun ditimbun biarkan tunas bagian ujungnya menyumbul ke atas.

Selanjutnya tanaman lengkuas harus terus dirawat dengan diberi pupuk dan disiram secara rutin. Buah lengkuas akan tumbuh secara maksimal dan siap untuk dipanen saat memasuki umur kurang lebih 11 bulan setelah tanam.

Nah, itulah tadi penjelasan artikel tentang pengertian tanaman lengkuas, klasifikasi, ciri morfologi, manfaat, dan langkah budidayanya. Semoga melalui tulisan ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *