Tanaman Lili Paris, Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Tumbuhan Lili Paris

Pernahkah anda mendengar bunga lili paris?. Jika belum mengetahuai setidaknya penting dipahami bahwa lili paris adalah salah satu jenis tanaman hias yang berasal dari jenis semak. Tanaman ini memiliki cara perawatan yang sangat mudah dan simple sehingga bisa ditanam oleh orang-orang yang sedang belajar berkebun.

Lili paris merupakan bunga yang mempunyai nilai keindahan sangat bagus dan terlihat cocok di tanam di tempat-tempat minimalis seperti taman dan lain sebagainya. Tanaman ini juga terkenal dengan warna-warnanya yang terang sehingga sangat enak ketika dipandang.

Tanaman Lili Paris

Lili paris memiliki istilah atau nama lain yang disebut chlorophytum comosum. Tanaman ini terkenal sebagai tanaman hias dan waktu pertumbuhannya terbilang cukup cepat. Bunga lili paris berasal dari  negara Afrika Selatan dan merupakan jenis tanaman yang sangat mudah melakukan adaptasi. Lili paris bisa diperbanyak dengan cara generatif maupun vegetatif

Klasifikasi Lili Paris

Tanaman lili paris mempunyai sistem klasifikasi ilmiah dalam struktur tanaman yang diuraikan sebagai berikut ini:

Kingdom Plantae
Sub kingdom Tracheobionta
Superdivisi Spermatophyta
Subkelas Hamamelidae
Divisi Magnoliophyta
Kelas Liliopsida
Ordo Liliaceae
Famili Anthericaceae
Genus Chlorophytum
Spesies Chlorophytum comosum

Ciri Morfologi Lili Paris

Penjelasan morfologi tanaman lili paris yang dibedakan menjadi 4 hal mulai dari akar, daun bunga, dan struktur batangnya yang dijabarkan sebagai berikut:

  1. Akar

Morfologi pertama dari tanaman lili paris yang bisa dipelajari adalah bagian akarnya. Tanaman yang dikenal juga dengan nama lain spider plant ini memiliki jenis akar berdaging. Arti dari akar berdaging adalah jenis akar serabut karena bentuknya yang berumbai dan bisa sampai keluar dari permukaan pot.

Panjang akar berukuran sekitar 5 hingga 10 cm. Setiap akar mempunyai daya rekat yang bagus dan tidak mudah patah. Akar tanaman lili juga bersifat mudah menyerap unsur hara dan air yang berasal dari tanah. Oleh Karen itu tanaman akan tetap tumbuh walaupun ditempatkan dengan sistem menggantung.

  1. Daun

Tanaman lili paris memiliki daun yang berukuran sekitar 20 sampai 45 cm. lebar daun pada lili paris yaitu 6 hingga 25 mm saja dank arena ketidakseimbangan daun inilah yang menyebabkan tanaman sering membalik ke bawah. Daun lili paris hampir mirip dengan morfologi daun serai, namun yang membedakan adalah bagian warnanya. Warna lili paris yaitu hijau. Ketika daun sudah tua maka warnanya akan berubah menjadi hijau kekuningan.

Tanaman lili paris apabila dilihat secara sepintas maka daunnya akan seperti rumput. Namun ukurannya lebih besar dan sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan rumput gajah.

  1. Bunga

Tanaman lili paris mempunyai definisi bunga yang cukup sedikit karena jenis bunga bercabang panjang. Pada umumnya tanaman lili memiliki bunag dengan ukuran panjang sekitar 75 cm. Panjannya bunga tersebut menyebabkan sulit dilihat karena letaknya yang lebih condong ke bawah.

Bunga lili paris termasuk dalam jenis tanaman bergerombol. Beberapa tanaman ada yang mempunyai bunga hingga 6 kelompok. Bunga lili paris juga termasuk bunga yang sangat rentan bahkan sebagian besar bunga bisa mati pada saat awal pertumbuhannya.

  1. Batang

Karakteristik terkahir dari morfologi bunga lili paris yaitu bagian batangnya. Lili paris merupakan jenis tanaman vittatum dan biasanya mempunyai batang pada tumbuhannya. Bentuk batang pada tanaman lili paris yaitu cukup panjang dengan ukuran sekitar 20 cm.

Batang sebagian besar berwarna putih baik yang masih muda maupun yang sudah tua. Namun perlu diketahui bahwa batang tidak selalu berada pada tanaman lili paris, dan hanya terdapat di lilies paris tertentu saja batang bisa tumbuh.

Manfaat Lili Paris

Bunga yang sangat populer sebagai tanaman hias ini ternyata memiliki segudang manfaat yang mungkin kurang diketahui banyak orang. Berikut adalah beberapa manfaat dari bunga lili paris yaitu :

  1. Bunga hiasan

Bagi penggemar bunga lili paris maka jenis tanaman ini akan selalu diincar dan dibeli salah satunya yaitu untuk menghias rumah. Lili paris umumnya bisa dijadikan sebagai pajangan meja atau bisa juga digunakan sebagai bunga hias atau dekor pada saat pernikahan.

Hal ini dikarenakan lili paris memiliki niali artistik yang sangat baik dan begitu anggun ketika dilihat. Terlebih lagi warna-warna pada bunga lili paris sangat elegan dan begitu sejuk ketika dipandang sehingga bisa memikat banyak hati yang melihatnya.

  1. Membantu meremajakan kulit pada tubuh

Lili paris bisa membantu meremajakan kulit karena bunga ini memiliki kandungan flavonoid yang sangat bagus untuk tubuh. Selain bisa digunakan untuk meremajakan kulit kandungan ini juga bisa bermanfaat untuk antioksidan, dan anti kanker pada tubuh.

  1. Membantu menghambat pertumbuhan kanker yang ada pada tubuh

Zat sapion yang ada pada tanaman lili bisa berfungsi untuk menghambat pertumbuhan kanker yang ada pada tubuh. Selain itu zat ini juga bisa digunakan untuk mengatur kadar kolestrol.

  1. Meningkatkan kelembaban air yang ada pada kulit

Kandungan polisakarida yang ada pada tanaman lili paris termasuk dalam golongan hidrokoloid. Kandungan tersebut bisa membantu meningkatkan viskositas dan kelembaban air yang ada pada tubuh akan lebih stabil.

  1. Menghilangkan bekas luka yang ada di kulit

Apabila seseorang memiliki bekas luka yang tempatnya bisa dilhat banyak orang seperti di wajah, tangan ataupun kaki maka bisa mengganggu kepercayaan diri seseorang tersebut. Oleh karena itu banyak sekali produk – produk yang menawarkan khasiat membantu menyamarkan bekas luka.

Sedangkan dengan cara alamiah bekas luka bisa dihapuskan dengan cara yang cukup mudah. Gunakan bunga lili paris untuk menghapus bekas luka yang ada pada tubuh karena beberapa kandungan yang ada pada tanaman tersebut berkhasiat untuk melakukan hal tersebut.

  1. Merawat kulit kering

Bunga lili paris bisa membantu menjaga kelembaban pada kulit tubuh. Kandungan pada tanaman lili yang sangat beragam juga bisa memberikan perawatan spesial seperti merawat kulit kering, mengatasi kulit iritasi, dan kulit sensitive.

Cara Budidaya Lili Paris

Langkah-langkah dalam proses budidaya tanaman lili paris yaitu sebagai berikut:

  1. Proses pembibitan bunga lili paris

Pembibitan bunga lili paris bisa diperoleh dari umbi yang sudah berumur dari tanaman induknya yang berkualitas. Sebelum umbi ditaman maka lebih baik rendam dulu dalam air selama satu hari penuh. Perendaman umbi bertujuan agar tunas bisa tumbuh lebih cepat.

Proses selanjutnya yaitu umbi bisa disemai dan setelah tunas tumbuh maka bisa dipindahkan ke media tanam yaitu polybag. 

  1. Proses penanaman bunga lili paris

Sebelum melakukan proses penanaman bunga lili paris maka campurkan dahulu tanah, pupuk kandang/pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan 1: 1: 1. Kemudian pindahkan bibit dari tempat penyemaian ke media tanam dengan hati-hati agar tanaman tidak rusak.

Pemindahan akan lebih baik jika dilakukan di waktu pagi atau sore hari pada saat sinar matahari tidak terlalu panas. Setelah bibit sudah dipindahkan ke media tanam maka siram dengan air secukupnya agar tanaman lembab.

  1. Proses perawatan bunga lili paris

Bunga lili paris termasuk tanaman yang tidak membutuhkan proses perawatan terlalu rumit. Hal yang harus dilakukan untuk memelihara bunga lili paris diantaranya yaitu mencabut rumput-rumput yang ada disekitar tanaman lili paris, memberi pupuk kandang dalam beberapa waktu, dan menjaga kelembapan tanah dengan melakukan penyiraman.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan terkait dengan deskripsi yang ada dalam tanaman lili paris, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, manfaat, dan cara pembudidayaan yang bisa dilakukan. Semoga memberi edukasi bagi kalian semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *