Tanaman Mangga; Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Tanaman Mangga Adalah

Tanaman mangga atau sering disebut mempelam yang dalam bahasa ilmiah adalah mangifera indica yang merupakan nama buah sekaligus nama dari pohonnya. mangga termasuk dalam marga Mangifera terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Manga diperkirakan berasal dari perbatasan India dengan Burma yang telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun silam.

Tanaman mangga masuk dalam kelompok Arboreus, yaitu tumbuhan berkayu dan memiliki tinggi batang lebih dari 5 m. Pohonnya dapat mencapai tinggi 10-40 m. Mangga berasal dari kata Malayalam maanga yang dalam bahasa Indonesia diadopsi menjadi mangga. Nama ilmiah mangga mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”.

Tanaman Mangga

Mangga (Mangifera indica) atau mempelam merupakan nama buah sekaligus nama pohon yang termasuk ke dalam marga Mangifera dan suku Anacardiaceae serta memiliki sekitar 35-40 anggota. Tanaman mangga Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma.

Mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m bahkan bisa mencapai 10 sampai 40 m.

Tamanan mangga memiliki daun yang berwarna merah keunguan atau kekuningan pada saat daun muda dan akan berubah dibagian permukaan sebelah atas menjadi hijau mengkilat, sedangkan pada bagian permukaan bawah berwarna hijau muda pada saat daun mulai tua.

Daun tanaman mangga memiliki bentuk yang bervariasi yaitu berbentuk lonjong dengan ujung seperti mata tombak, berbentuk bulat telur dengan ujung runcing seperti mata tombak, berbentuk segi empat dengan ujungnya runcing, berbentuk segi empat dengan ujung membulat.

Klasifikasi Tanaman Mangga

Tanaman mangga memiliki klasifikasi yang unik dari tumbuhan lainnya, diantaranya adalah sebagai berikut;

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Divisi : Tracheophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Super Ordo : Rosanae
  • Ordo : Sapindales
  • Family : Anacardiaceae
  • Genus : Mangifera L
  • Spesies : Mangifera indica L

Ciri Morfologi Tanaman Mangga

Adapun karakteristik yang menjadi ciri khas tanaman mangga ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Akar

Pada organ akar terdapat morfologi yang terdiri dari akar tunggang dan akar cabang. Pada akar tunggang terdapat ukuran yang sangat panjang mencapai 6 meter. Pertumbuhan akar tunggang panjang inilah yang berfungsi mencari air didasar permukaan tanah, setelah akar berada didasar tanah maka akar akan berubah menjadi akar cabang dengan kedalaman 30 sampai 60 cm dibawah permukaan tanah.

Batang

Batang tanaman mangga berbentuk kayu yang sangat keras, kuat, dan dapat tumbuh tegak ke atas. Morfologi batang mangga berbentuk bulat dengan percabangan serta ranting yang cukup banyak. Cabang dan ranting inilah yang kemudian tumbuh daun yang lebat dan membentuk kanopi seperti kubah, oval dan memanjang.

Kulit batang pohon mangga berbentuk tebal serta kasar berwarna coklat gelap sampai keabu-abuan atau kehitaman. Tanaman mangga berasal dari perbanyakan generative atau menggunakan benih, tanaman ini dapat tumbuh dengan tegak lurus, kuat, serta tinggi.

Untuk perbanyakan secara vegetative biasanya batangnya lebih pendek dan memiliki percabangan yang membentang.

Daun 

Daun pada tanaman mangga merupakan daun tunggal yang tanpa memiliki anakan dan penumpu, panjangnya dapat mencapai 8 sampai 40 cm serta lebar 2 sampai 12,5 cm. Letak daun mangga berselang seling mengelilingi ranting.

Pada bagian pangkal daun mangga membesar dengan sisi pada bagian atasnya membentuk alur yang panjang mencapai 1,25 sampai 12,50 cm. bentuk daun mangga bervariasi ada yang berbentuk mata tombak, lonjong, segi empat dengan ujungnya yang runcing serta pada tepi bagian daun halus namun terkadang sedikit bergelombang.

Bunga

Tanaman mangga memiliki bunga majemuk yang tumbuh dari tunas ujung serta terangkai dalam tandan dengan rangkaian bunga yang berbentuk kerucut. Jumlah bunga tanaman mangga pada setiap tandan berkisar antara 1000 sampai 6000 kuntum yang memiliki ukuran kecil dengan diameter 6 sampai 8 mm.

Pada pengertian bunga jantan tanaman mangga berbentuk hemaprodit (bunga banci) dengan rangkaian bunga proporsinya yang cukup banyak. Pada bagian mahkota dan kelopaknya berjumlah lima lembar, serta pada bagian pangkal buah tidak memiliki tangkai akan tetapi pada bagian ujung terdapat kepala putik

Buah

Buah pada tanaman mangga termasuk dalam golongan buah batu yang memiliki daging tebal dan panjangnya mencapai 30 cm. bentuk buah pada tanaman mangga sangat bervariasi, ada yang berbentuk bulat, bulat oval, dan pipih. Warna dari buah mangga juga bervariasi yaitu hijau, kuning, kuning kemerahan, serta berbagai kombinasi dari berbagai warna yang telah disebutkan. Kulit buah mangga cukup tebal serta memiliki kelenjar, buah ini memiliki biji yang cukup keras.

Manfaat Tanaman Mangga

Adapun fungsi yang menjadi kegunaan tanaman mangga ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Mengurangi Kadar Kolesterol

Tanaman mangga dapat digunakan untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, Kolesterol tinggi dapat dipengaruhi oleh beberapa sebab, namun faktor terbesar yang menyebabkan kolesterol sering naik adalah pola hidup yang tidak sehat.

Buah mangga sangat kaya akan vitamin C dan serat sehingga baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, selain itu mangga juga kaya akan kalium yang dapat berfungsi sebagai pengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah mangga kaya akan vitamin A yang baik dalam menjaga kesehatan mata. Mangga mampu mengobati penyakit anemia, anemia adalah penyakit yang diakibatkan oleh jumlah sel darah merah rendah dari batas normalnya.

Buah mangga juga kaya akan zat besi sehingga baik bagi penderita anemia namun harus tetap diseimbangkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung folat, vitamin B-12 dan vitamin C sehingga proses pengobatan anemia dapat maksimal.

Mampu Menurunkan Tekanan Darah dalam Tubuh

Tekanan darah tinggi dapat diturunkan dengan cara mengubah pola hidup sehat, dengan melakukan diet balance, melakukan olahraga rutin, kurangin merokok. Selain itu anda dapat melakukan pengobatan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium, salah satunya dengan mengkonsumsi mangga karena kandungan didalam buah ini sangat kaya kalium yang baik bagi penderita darah tinggi.

Mampu Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat tanaman mangga selanjutnya mampu mencegah penyakit kanker, biasanya penyakit ini diakibatkan oleh berkembangnya sel sel abnormal yang tidak dapat dikontrol dan jika dibiarkan saja jaringan dalam tubuh dapat mengalami kerusakan.

Namun dengan mengkonsumsi mangga dengan rutin akan dapat mencegah terjadi penyakit kanker, karena senyawa antioksidan berikut yang terkait dengan senyawa, isoquercitrin, gallic, querticin, astragalin, methylgallat yang dapat melindungi atau mencegah serangan penyakit yaitu kanker prostat, kanker usus, serta kanker payudara.

Mampu Meningkatkan Kecerdasan Otak

Seperti yang kita ketahui mangga mengandung vitamin B-6 yang banyak sehingga mampu meningkatkan kinerja otak secara maksimal dan juga mampu menjaga fungsi otak dengan baik. Dengan rutin mengkonsumsi mangga maka kesehatan tubuh akan terjaga serta dapat  meningkatkan kinerja otak. 

Cara Budidaya Tanaman Mangga

Adapun mekanisme dalam pengertian bididaya tanaman mangga ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Pemilihan Bibit

Dalam memilih bibit sebaiknya biji yang digunakan adalah biji yang berasal dari tanaman kuat, sehat, dan memiliki buah berkualitas. Pembibitan biji ini dilakukan dengan cara mengering anginkan biji kemudian membuang kulitnya

Penyemaian Bibit Mangga

Persemaian biji mangga diberi pelindung yang terbuat dari plastik atau sisa-sisa tanaman (mulsa). Usahakan udara yang berada dalam penyemaian tidak terlalu lembab, biji mangga ditanam dengan posisi dari badan biji menghadap kearah bawah agar akar yang muncul tidak membengkok.

Pengolahan Media Tanam

Ketika akan mempersiapkan lahan, penting untuk membuang semua tanaman yang tidak berguna dan hama disekitar lahan yang digunakan sebagai area penanaman. Tanah dibajak untuk menghilangkan tumpukan tanah yang terlalu besar dan berfungsi untuk menggemburkan tanah karena dapat mengeluarkan racun dalam tanah.

Teknik Penanaman

Buat lubang tanam untuk dilakukan proses penimbunan, kemudian digali kembali kedalaman sekitar 30 cm dan panjang serta lebar sekitar 60 cm. Pada lubang tanam, sebaiknya diberikan furadan sebanyak 10 hingga 25 gram. Kemudian, ambil polybag dan masukkan ke dalam tanah.

Sebelum dimasukkan ke dalam tanah sebaiknya polybag tersebut sudah digunting hingga bagian bawah dari polybag. Kemudian, tutup kembali tanaman yang telah ditanam menggunakan tanah yang sebelumnya dikeluarkan hingga tanah yang terdapat tanaman mangga menjadi gundukan.

Lalu, padatkan tanah yang berada disekitar batang dan pasanglah penyangga yang terbuat dari kayu agar tanaman tidak rusak.

Nah, itulah tadi deskprisi singkatnya mengenai pengertian tanaman mangga, klasifikasi, ciri morfologi, manfaat, dan cara budidaya. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Berikan Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *