Tanaman Mimba, Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Tumbuhan Mimba

Pernahkah anda mendengar tanaman mimba? Jenis tanaman obat ini mungkin sedikit asing di telinga banyak kalangan. Tanaman yang pertama kali di temukan di negara India ini merupakan tanaman perdu yang tumbuh di daerah tropis.

Sebetulnya apa itu tanaman mimba? Pada kesempatan kali inilah artikel akan membahas tanaman ini lebih jelas dan lengkap. Berikut keterangan akan di sampaikan.

Tanaman Mimba

Mimba merupakan tumbuhan yang berpotensi untuk menghasilkan bahan baku pestisida yang bisa dikembangkan lebih lanjut. Tanaman ini dikenal memiliki banyak nama pada setiap daerah.

Daerah Jawa menyebut tanaman ini dengan nama imba atau mimba, sedangkan di daerah Madura disebut membha, mempheuh. Sementara di negara Belanda dan Inggris tanaman mimba ini disebut dengan istilah margosier, neem tree, dan margsatree.

Klasifikasi Mimba

Tanaman mimba memiliki sistem klasifikasi dalam tumbuhan sebagai berikut:

Kingdom Plantae
Divisi Spermatophyta
Sub divisi Angiospermae
Kelas Dicotyledonae
Sub kelas Dialypetaleae
Ordo Rutales
Famili Meliaceae
Genus Azadiractha
Spesies Azadiractha indica A. Juss

Ciri Morfologi Mimba

Mimba merupakan tanaman yang mempunyai ciri atau karakteristik morfologi sebagai berikut :

  1. Akar

Pengertian akar tanaman mimba termasuk jenis akar tunggang. Akar berbentuk silindris dan memiliki tudung akar yang lincip. Warna akar tanaman mimba adalah coklat tua, dan mempunyai banyak cabang yang bentuknya sama persis dengan akar utamanya.

  1. Batang

Struktur batang mimba memiliki tekstur kulit yang tebal dan sedikit kasar. Batang juga memiliki kandungan nutrisi yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit malaria. Getah yang ada pada kulit batang biasanya akan mengeluarkan cairan dalam jumlah yang banyak untuk setiap tahunnya. Cairan ini nantinya juga bisa digunakan untuk obat lambung khususnya di negara India.

  1. Daun

Daun mimba tersusun dengan bentuk yang spiral dan mengumpul pada ujung rantai. Mimba juga termasuk tanaman dengan daun yang bersifat majemuk. Panjang daun mimba sekitar 5 cm dengan lebar anatar 3 hingga 4 cm. tulang daun menyirip dan tulang cabang utamanya berbentuk sejajar dengan yang lain.

  1. Bunga

Bunga pada tanaman mimba berwarna putih baik yang ada di kelopak bunga maupun benang sarinya. Setiap arti bunga terdiri dari 5 hingga 6 kelopak bunga. Bunga mimba juga memiliki aroma wangi yang sangat berguna untuk memberikan efek menenangkan dan dijadikan aroma terapi.

  1. Buah

Tanaman mimba mempunyai definisi buah yang berukuran kecil- kecil dan sangat banyak. Warna buah mimba yaitu hijau muda. Biasanya buah dalam satu pohon bisa di peroleh sekitar setengah ember kecil.

  1. Biji

Mimba memiliki struktur biji yang didalamnya terdapat kandungan zat azadirachtin. Zat yang ada pada bagian biji mimba berfungsi untuk pestisida dan insektisida.

Manfaat Tanaman Mimba

Pohon mimba selain memiliki aroma bunga yang bisa digunakan untuk aromaterapi, juga memiliki banyak manfaat yang lainnya. Berikut di bawah ini manfaat tumbuhan mimba ialah :

  1. Menjaga kesehatan gigi

Daun mimba berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan gigi, hal ini dikarenakan daun mimba seimbang dengan chlorhexidine gluconate. Selain itu pasti gigi yang mengandung ekstrak mimba juga terbukti dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Sehingga daun mimba sangat di rekomendasikan sebagai obat perawatan kesehatan gigi.

  1. Mengobati tukak lambung

Ekstrak yang terdapat pada daun mimba dapat membantu untuk mengobati tukak lambung. Selain itu ekstrak daunnya juga bisa menghambat sekresi asam lambung. Oleh karena itu daun ini bisa dikonsumsi sebagai obat untuk menjaga kesehatan lambung.

  1. Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang membahayakan. Oleh karena itu banyak sekali orang- orang yang menjaga kesehatannya agar tidak terkena penyakit yang satu ini.

Cara alamiah yang bisa digunakan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari kanker ialah dengan mengkonsumsi daun  mimba. Karena berdasarkan sebuah riset daun mimba mengindikasikan mampu untuk mencegah kanker dan menghambat pertumbuhan tumor.

  1. Mengusir ketombe

Kebanyakan orang yang mengalami masalah ketombe pada rambutnya akan merasa sangat terganggu. Karena ketombe yang ada di kulit kepala membuat rasa gatal yang teramat susah di hilangkan. Untuk menangani itu semua, daun mimba hadir sebagai bahan yang cukup populer untuk pembuatan produk sampo. Alasannya ialah karena daun mimba dianggap ampuh menangani masalah ketombe pada kulit kepala.

  1. Menghilangkan kutu rambut

Selain ketombe ada permasalahan lain yang bisa mengganggu kenyamana seseorang terkait kesehatan rambut. Masalah tersebut adalah kutu yang ada pada rambut.

Apabila seseorang mempunyai kutu di rambutnya maka akan membuat rambut tidak bersih, gatal, dan tentuya menghilangkan rasa percaya diri mereka. Berdasarkan sebuah riset, ternyata daun mimba bisa mengusir kutu rambut.

  1. Mengobati penyakit diare

Daun mimba memang terkenal sebagai ramuan herbal. Salah satunya yaitu bisa mengatasi masalah diare pada perut. Cara mengkonsumsi daun mimba ini sendiri yaitu sediakan daum mimba segenggam dan tambahkan sedikit kulit batang mimba kemudian di rebus. Rebusan kemudian di dinginkan dan di saring lalu minum 2 kali sehari.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Mengatasi masalah nafsu makan dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi daun mimba secara rutin. Hal ini di lakukan agar nafsu makan meningkat secara perlahan. Daun mimba di konsumsi dengan cara di rebus. Kemudian bisa di minum sehari 2 kali di waktu pagi dan sor hari.

  1. Mengobati tubuh saat masuk angin

Masuk angin bisa terjadi karena kondisi tubuh yang tidak stabil dan karena kelelahan. Untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan terhindar dari masuk angin maka perlu melakukan perawatan dan menjaga kesehatan tubuh.

Daun mimba termasuk tanaman yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya masuk angin. Caranya yaitu jemur beberapa daun mimba hingga kering, setelah itu rebus daun mimba yang sudah kering bersama dengan jahe dan minum secara perlahan.

  1. Membersihkan luka dan menyembuhkan penyakit kulit

Siapa yang tidak kenal dengan obat merah atau “betadine”. Betadine merupakan obat yang bisa membantu mengobati luka luar seperti goresan dan memar.

Namun siapa sangka, bahwa untuk mengobati luka semacam itu daun mimba juga bisa melakukannya. Hal ini dikarenakan daum mimba memiliki sifat anti bakteri yang berarti bisa mengobati penyakit kulit.     

Cara Budidaya Mimba

Melihat bahwa tanaman mimba memiliki beragam manfaat maka jenis tumbuhan ini perlu untuk di budidayakan agar keberadaannya terus ada. Berikut di bawah ini cara budidaya pohon mimba ialah :

  1. Persiapan lahan

Persiapan lahan yang perlu dilakukan yaitu memilih jenis lahan pertanian yang mempunyai agroklimat. Kemudian tanah di olah agar subur dan cocok untuk pertumbuhan mimba.

  1. Persiapan bibit

Bibit mimba di peroleh dari buah yang benar-benar sudah matang atau gugur dengan sendirinya. Kemudian ambil biji dari buah mimba dan bersihkan. Benih selanjutnya dikeringkan dan di tempatkan pada kondisi yang teduh.

  1. Penyemaian tanaman mimba

Benih atau bibit yang sudah dipersiapkan selanjutnya di semai pada media penyemaian. Benih di semai pada tempat yang lembab dan di tunggu hingga bertunas. Pastikan selama penyemaian benih harus selalu di siram 1 hingga 2 kali sehari. Pada saat bibit sudah bertunas maka bisa di pindahkan di media tanam

  1. Penanaman tanaman mimba

Sebelum melakukan penanaman tumbuhan mimba maka terlebih dahulu bersihkan lahan tanam dari rumput liar ataupun gulma. Selanjutnya siapkan lubang dan buat jarak antar lubang sekitar 7m x 7 m. Bibit mimba kemudain di tanam secara tegak lurus di tengah-tengah lubang. Timbun kembali dengan tanah di sekitar pangkal tanaman secara hati- hati.

  1. Perawatan tanaman mimba

Perawatan tanaman mimba bisa dilakukan dengan cara memberikannya pupuk pada kondisi tertntu. Selain itu lakukan pula penyiangan pada saat tanaman masih kecil. Cabut rumput- rumput liar yang ada di sekitar mimba agar tidak mengganggu perumbuhannya.

  1. Pemanenan tanaman mimba

Tumbuhan mimba dapat di panen pada saat pohon ini berumur seitar 3 tahun, namun ada beberapa jenis pohon mimba yang baru bisa di produksi ketika memasuki usia 4 tahun. Pada dasarnya mimba yang sudah berusia 8 hingga 10 tahun mampu memproduksi biji sekitar 9 kg sementara yang usianya 15 hngga 20 tahun dapat memproduksi biji sampai 13 kg.

Demikianlah tadi materi yang bisa kami berikan dan bagikan pada segenap pembaca berkenaan dengan tanaman mimba, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, manfaat, dan cara pembudidayaan yang bisa dilakukan. Semoga memberi edukasi bagi semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *