Tanaman Outdoor, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Diposting pada

Tanaman Outdoor Adalah

Tanaman outdoor adalah jenis tanaman yang sengaja ditumbuhkan dan dapat diletakan diluar ruangan. Tanaman outdoor umumnya dalam bentuk tanaman hias yang berbunga maupun tidak berbunga dan mempunyai ketahan terhadap panas matahari sehingga cocok diletakan diluar ruangan.

Tanaman Outdoor

Tanaman outdoor adalah tumbuhan dekorasi maupun tanaman yang dipergunakan untuk mengisi taman di halaman rumah sehingga lebih indah dan asri. Tanaman outdoor dapat tumbuh di dataran rendah yang panas atau beriklim tropis.

Untuk menentukan tanaman outdoor sebaiknya memilih tanaman yang mempunyai daya adaptasi yang baik terhadap cuaca panas.

Manfaat Tanaman Outdoor

Dari beberapa literatur yang kami baca, berikut ini adalah kegunaan tanaman outdoor. Dinataranya;

  1. Dapat meningkatkan keindahan lingkungan
  2. Pemanfaatan lahan kosong untuk ditanami tanaman tersebut, menjaga dan meingkatakan kebershian udara
  3. Dalam menjadi sistem penghijauan lingkungan
  4. Tanaman ini dapat dipergunakan untuk penggemburkan tanah
  5. Tumbuhan ini juga daoat membuat lingkungan menjadi asri dan segar.

Jenis dan Contoh Tanaman Outdoor

Berikut beberapa jenis tanaman outdoor beserta contohnya yang cocok dan tahan terhadap cuaca panas dan hujan, dinataranya;

Tanaman Kaktus

Kaktus dikenal sebagai tanaman yang tahan terhadap cuaca panas. Kaktus bersal dari daerah kering seperti gurun pasir. Tanaman kaktus dapat tumbuh tanpa air dalam kurun waktu yang cukup lama karena kaktus mempunyai ruang penyimpanan khusus pada tubuhnya yang dapat menyimpan air dalam jumlah banyak untuk bertahan hidup.

Selain itu kaktus mempunyai daun yang termodifikasi menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Tanaman hias dari jenis kaktus cukup banyak dan beragam diantaranya yaitu Kaktus centong (Opuntia cochenilifera), kaktus panda (Kalanchoe tomentosa), kaktus kubis (Echeveria glauca), kaktus anggur, kaktus ariocarpus, kaktus golden barrel, dan kaktus echinofossulocactus.

Tanaman kaktus tersebut dapat bertahan pada cuaca panas sehingga cocok dijadikan sebagai tanaman outdoor yang mempunyai daya adaptasi yang baik.

Aglaonema

Aglaonema atau lebih dikenal dengan tanaman sri rejeki merupakan salah satu tanaman hias untuk luar ruangan. Tanaman ini mempunyai daun dengan bentuk bulat sampai dengan lonjong. Daun tanaman berwarna merah muda di pinggiran daunnya.

Selain itu terdapat bercak atau semburat putih yang biasanya terdapat pada permukaan daun tanaman sehingga menimbulkan kesan yang lembut.

Aglaonema membutuhkan cahaya matahari untuk tetap tumbuh subur. Namun tanaman ini tidak dapat tumpuh di tempat yang terlalu panas karena dapat mengakibatkan daun tanaman layu sehingga perlu penyusunan khusus untuk meletakan tanaman ini di luar ruangan.

Palem Kuning

Tanaman hias outdoor lainnya adalah palem kuning. Palem kuning dapat digunakan untuk mempercantik halama rumah karena mempunyaiciri khas tersendiri dengan batang berwarna hijau kekuningan. Palem kuning dapat bertahan hidup ditempat yang teduh mapun tempat yang terkena cahaya matahari langsung.

Palem Botol

Palem botol adalah jenis palem lain yang dapat digunakan sebagai tanaman luar ruangan. Palem botol mempunyai nama lain hyophrobe lagenicaulis.

Palem botol mempunyai bnetuk yang unik dengan batang menyerupai botol yang menggendut di bagian bawahnya dan semakin mengecil pada bagian atasnya. Tanaman palem botol membutuhkan sinar matahari langsung agar dapat tumbuh dengan baik.

Paku Tanduk

Paku tanduk merupakan tanaman hias yang cocok ditanam di luar ruangan. Bentuk yang unik menyerupai akar dan melekat pada batang pohon atau disebut epifit sangat menarik perhatian dan mempunyai kesan alami.

Terdapat dua tipe tanaman paku tanduk yaitu yang berbentuk perisai tegak dan menjuntai dengan daun berbentuk seperti tanduk rusa. Untuk tipe daun menjuntai, daun dapat tumbuh hingga satu meter. Tanaman paku tanduk mempunyai habitat hidup ditempat teduh sehingga tidak dapat terpapar cahaya matahari secara langsung agar dapat tumbuh subur.

Anggrek

Anggrek merupakan salah satu tanaman outdoor yang cantik dan menarik perhatian karena bunga dari tanaman ini cukup indah dan memukau. Selain itu tanaman anggrek mempunyai banyak jenis dengan bentuk bunga dan warna yang beragam.

Media tanaman anggrek ada beberapa jenis seperti sabut kelapa, arang kayu dan lainnya. Tanaman anggrek tidak dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi air yang berlebih dan terpapar cahaya matahari secara langsung. Tanaman anggrek dapat ditanam dalam pot maupun ditempelkan pada batang pohon.

Palem Zamia

Jenis palem lainnya yang dapat digunakan sebagai tanaman outdoor mempunyai bentuk yang unik menyerupai bonsai. Berbeda dengan jenis palem lainnya, daun tanaman palem zamia mempunyai ukuran agak lebar dan gemuk. Palem zamia juga dapat ditanam didalam pot dengan perawatan yang cukup mudah serta membutuhkan cahaya matahari yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik.

Suplir

Suplir merupakan tanaman hias outdoor yang berasal dari golongan lumut dan mempunyai bentuk menyerupai pakis. Suplir mempunyai bulu halus di permukaan daunnya. Tanaman suplir hanya membutuhkan sedikit cahaya matahari untuk dapat tumbuh dengan baik.

Tanaman ini mempunyai habitat hidup ditempat lembab dan tidak membutuhkan air yang banyak. Selain itu suplir juga dapat ditanam di dalam pot sehingga tampilannya lebih cantik.

Cemara

Tumbuhan cemara merupakan tanaman outdoor yang mampu beradaptasi dengan baik di tempat panas. Cemara berasal dari suku Casuarinaceae yang terdapat di wilayah tropis seperti Indo-Malaysia, Kepulauan Pasifik dan Australia.

Tanaman cemara mempunyai ranting yang beruas dengan dahan besar seperti jarum dan mempunyai buah dengan bentuk runjung kecil. Terdapat beberapa macam cemara yang dapat dijadikan tanaman outdoor dainatarnya yaitu cemara natal, cemara kipas, cemara udang, cemara angin dan cemara inoki.

Thunbergia

Thunbergia merupakan salah satu jenis tanaman hias yang merambat dan tahan terhadap cuaca panas serta membutuhkan cahaya matahari secara penuh agar sering berbunga. Tanaman ini cocok sebagai hiasan taman vertikal atau tanaman kanopi. Definisi bunga dari tanaman ini menjuntai dengan warna ungu atau putih.

Bougenville

Bougenville atau bunga kertas mempunyai beragam warna unik seperti merah, merah muda, ungu dan orange. Bunga kertas dapat tumbuh dengan baik dan tahan terhadap cuaca panas. Beberapa jenis bunga kertas yang umumnya ditanam adalah gold rush, after glow, bambino majik, coconut ice, bambino baby victoria, california gold dan lainnya.

Lidah Mertua

Lidah mertua dapat digunakan sebagai tanaman outdoor. Tanaman ini mempunyai daun yang tebal dan mengandung air sehingga tahan terhadap kekeringan.

Warna daun tanaman ini cukup beragam yaitu hijau tua, hijau muda, hijau abu dan warna kombinasi lainnya. Selain sebagai salah satu arti tanaman hias, lidah mertua juga dapat bermanfaat untuk menyuburkan rambut, mengobati wasir dan diabetes serta serat lidah mertua dapat digunakan sebagai bahan pakaian.

Bunga Geranium

Tanaman hias bunga geranium dapat digunakan sebagai tanaman outdoor karena mampu beradaptasi dengan baik pada cuaca panas.

Selain itu bunga geranium dapat diolah menjadi minyak untuk wewangian. Minyak geranium mempunyai warna kuning kecoklatan dan berbau wangi. Warna bunga geranium yang cantik untuk mengisi pekarangan semakin menjadi daya tarik tersendiri.

Bunga Gaillardia

Tanaman hias berikutnya adalah bunga gaillardia yang cocok ditanam pada daerah panas. Gailladia merupakan jenis tanaman berbunga dari keluarga bunga matahari dengan warna bunga kuning atau merah. Tanaman ini berasal dari Amerika Serikat bagian barat dan tengah. Tinggi tanaman dapat mencapai 90 cm. Tanaman ini mempunyai sebutan lain sebagai firewheel dan blanketflower.

Bunga Euphorbia

Tanaman hias bunga euphorbia mempunyai benyak spesies dan genus dari bunga ini mempunyai peranan penting bagi manusia. Selain sebagai tanaman hias, bunga euphorbia juga dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan herbal. Tanaman euphorbia tahan terhadap cuaca panas dan cocok ditanam di dataran rendah dengan suhu yang tinggi.

Kembang Sepatu

Kembang sepatu yang mempunyai nama latin Hibiscus rosasinensis L merupakan tanamans emak dari suku Malvaceae yang bersal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Tanaman ini mempunyai ukuran bunga yang besar dengan warna merah dan tidak mempunyai bau.

Bunga sepatu tergolong kedalam tanaman hias yang tahan terhadap cuaca panas dan cocok dijadikan tanaman outdoor dengan tampilan bunga yang cerah dan menarik sehingga pekarangan rumah menjadi lebih berwarna.

Nah, itulah tadi pendeskripsian tentang beragam pengertian tanaman outdoor, manfaat, macam dan contohnya di bidang pertanian. Semoga melalui artikel ini dapat memberikan wawasan serta menambah pengetahuan segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *