Jenis Tanaman Penyerap Bau Yang Ada di Lingkungan Sekitar

Diposting pada

Jenis Tanaman Penyerap Bau

Pencemaran udara karena zat aktif beracun seperti polusi karbon, atau bau yang tidak sedap sudah tidak asing kita rasakan. Bahkan di area perkotaan sudah penuh dengan bangunan pabrik dan makin merajelala kendaraan bermotor dengan tidak adanya arti tumbuhan. Sedangkan di pedesaan saja juga tak lepas dari pencemaran udara karena terdapat polusi dan bau dari asap rokok.

Banyaknya polusi yang di sekitar kita baik di kawasan perkotaan ataupun pendesaan harus kita minimalisir agar menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan. Untuk itu terdapat sekelompok jenis tanaman yang dapat membantu dalam penyerapan racun misalnya dari nikotin dan tar serta bau untuk membuat rumah dapat bersih dan segar.

Tanaman Penyerap Bau

Pencemaran udara bukan hanya menganggu kesehatan di luar rumah namun juga dapat di dalam rumah. Terdapat jenis polutan yang berada di dalam ruangan dan memiliki potensi menganggu kesehatan tubuh dan lingkungan. Contoh polutan tersebut yaitu volatile organis compunds, karbon monoksida, nitrogen oksida, pestisida, formaldehyde, dan desinfektan.

Banyak para ilmuwan yang sudah menemukan sejumlah tanaman yang dapat menyerap polutan dan bau, dan diantaranya kebanyakan dari kelompok jenis tanaman hias. Selain mempercantik rumah kamu juga bermanfaat dalam melawan bau dan polutan udara menjadikan udara di dalam rumah menjadi segar dan bersih. Tanaman hias dapat ditanam dan dirawat di indoor dan outdoor yang menjaga kamu untuk kesehatan.

Jenis Tanaman Penyerap Bau

Berikut beberapa contoh tanaman yang berperan dalam menyerap bau atau polutan yang ada di lingkungan sekitar antara lain;

  1. Lidah Mertua (Sansevieria)

Tanaman Penyerab Bau Lidah Mertua
Lidah Mertua

Tanaman pertama yang dapat menyerap bau busuk yakni lidah mertua atau sanseviera. Jenis tanaman ini mudah kamu temui di rumah, gedung, ataupun restoran. Bukan hanya sekedar sebagai hiasan ruangan, tanaman ini mudah untuk dirawat namun juga dapat menyerap bau busuk yang berada di sekitar.

Lidah mertua dapat menyerap polutan berbahaya seperti formaldehyde, xylene, benzene, dan trichloroethylene yang berada di dalam udara. Bukan hanya menyerap bau saja, namun lidah mertua juga menyerap polutan berbahaya yang tak kasat mata berada di udara.

Perawatan lidah mertua yang tergolong dalam tanaman lidah buaya sangatlah mudah dengan cara menyiram lidah mertua sebulan sekali saja dengan ditempatkan lokasi yang tidak terlalu kering sehingga lidah mertua dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan optimal. Di dalam lidah mertua terdapat kandungan bahan aktif glikosid dan pregnane yang bisa menyerap radiasi dari alat elekronik di dalam ruangan.

  1. Peace Lily

Tanaman Penyerab Bau Peace Lily
Peace Lily

Peace lily memiliki pesona yang sangat bagus dan mengagumkan. Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih bersih yang dapat menghiasi di tiap sudut ruangan di rumah. Peace lily dapat menghilangkan bau busuk di dalam ruangan disebabkan aroma dari bunga ini sangatlah wangi.

Manfaat dari peace lily yaitu dapat menetralisir udara yang terdapat kandungan bahan aktif berupa benzena, senyawa berbahaya yang berada di dalam asap rokok dan kendaraan bermoto. Bahkan peace lily dapat menyedot aroma kuat dari alkohol, aseton bahkan formalin.

  1. Suji

Tanaman Penyerab Bau Suji
Suji

Tanaman suju mempunyai penamaan ilmiah yaitu dracaena yang merupakan jenis tanaman penyerap polutan dan bau tak sedap yang dapat ditanam di area perkarangan rumah ataupun di dalam polybag ataupun pot. Tanaman ini berperan dalam menetralisir bau busuk di dalam rumah, apabila ditempatkan di dekat septic tank rumah. Pastinya aroma busuk yang berasal dari septic tank dapat ternetralisir oleh tanaman ini.

Namun, tanaman suji sedikit beracun bagi anjing ataupun kucing. Jadi, apabila Anda mempunyai hewan peliharaan kucing ataupun anjing seharusnya memikirkan kembali jika ingin memelihara tanaman suji di dalam rumah.

  1. Geranium

Tanaman Penyerab Bau Geranium
Geranium

Tanaman geranium sangat populer dengan manfaatnya yang menyerap bau tak sedap, menghilangkan bakteri dan menghilangkan ngengat. Kandungan minyak esensial yang terdapat di dalam bunga geranium yang menyedot bau tak sedap dan menyebarkan aroma harusm di ruangan.

Memelihara tanaman geranium di dalam rumah bukan hanya sekedar untuk menghilangkan bau tak sedap namun juga sebagai aromatherapy alami yang dapat menenangkan. Jika ingin tidur lebih nyenyak, kamu bisa menempatkan pot bunga tanaman geranium di dalam kamar. Dijamin, aroma bunga ini dapat mengantarkan tidurmu lebih nyenyak.

  1. Palem Waregu

Tanaman Penyerab Bau Palem Waregu
Palem Waregu

Terdapat jenis tanaman palem yang beragam namun jenis palem yang termasuk tanaman penyerap bau tak sedap yaitu palem waregu. Tanaman eksotis memiliki daun yang mirip dengan jari dan dapat tumbuh subur walaupun tidak terpapar oleh sinar matahari secara langsung.

Yang terpenting yaitu tanaman palem waregu dapat menghilangkan bau tak sedap yang menyengat. Palem waregu dapat menyerap polutas seperti toulene, amonia, xylene, dan formaldehyde. Tanaman ini dapat dipelihara dengan baik dan dapat dibeli dengan harga yang terjangkau.

  1. Sirih Gading

Tanaman Penyerab Bau Sirih Gading
Sirih Gading

Salah satu tanaman yang dapat merendam bau busuk di sekitar kamu yaitu sirih gading. Jenis tanaman sirih ini sudah cukup populer di Indonesia. Sirih gading sering ditemukan di teras rumah yang sebagai tanaman gantung. Tanaman ditanam di pot gantung disebabkan tanaman dapat tumbuh dengan cara merambah secara cepat dan subur. Daun yang menjulur keluar dari pot akan menampilkan keindahan yang menganggumkan.

Sirih gading dalam merendam bau tidak sedap dan bisa mengatasi polutan berbahaya seperti benzena dan karbon monoksida yang terdapat di udara. Sirih gading dapat ditanam di sekitar pabrik disebabkan tanaman ini dapat menghilangkan polutan dari limbah pembuangan pabrik.

  1. Tanaman Melati

Tanaman Penyerab Bau Melati
Melati

Arti bunga melati memiliki peran yang beragam salah satunya dapat dijadikan sebagai tanaman teh, pengharum ruangan hingga dapat berfungsi menjadi aksesoris pengantin tradisional.

Aroma dari bunga melati sangatlah harum dan kuat hingga dapat mengatasi bau busuk. Keharuman bunga melati bisa tercium sampai radius 3 meter. Apabila terdapat ba tak sedap dari septic tank maka kamu dapat menempatkan melati di sekitar tempat tersebut.

  1. Tanaman Sri Rejeki

Tanaman Penyerab Bau Sri Rejeki
Sri Rejeki

Tanaman sri rejeki memiliki manfaat yaitu menyerap polutan dan menghilangkan bau busuk yang terdapat di udara. Sri rejeki juga dapat menggantikan fungsi air purifer di rumah kamu. Sri rejeki juga berfungsi dalam mengatasi polutan seperti asap rokok dan mikroorganisme.

Berbagai jenis tanaman sri rejeki mempunyai daun yang kurang dari 14 helai jika dipadukan dengan lidah mertua yang berumur dewasa dengan daun minimal 5 helai maka dapat berperan sebagai pengganti air purifer dalam menetralisir kandungan bahan yang berbahaya di dalam rumah.

  1. Lavender

Tanaman Lavender Penyerab Bau
Lavender

Lavender yang berwarna ungu sudah populer dengan aroma yang menjadi ciri khas dan kuat. Lavender dapat merendam bau tak sedap dan membuat aroma yang sangat harum sehingga ruangan menjadi segar, bersih, dan wangi. Tanaman ini membutuhkan pencahayaan yang penuh untuk bertahan hidup.

  1. Mawar

Tanaman Mawar Penyerab Bau
Mawar

Bunga mawar mempunyai aroma yang sangat harum. Melalui aroma yang harum sehingga menyebabkan dapat menggantikan bau tak sedap yang terdapat di ruangan sehingga membuat udara yang berada di dalam ruangan menjadi lebih bersih, segar, dan harum serta layak untuk dihirup.

Mawar membutuhkan perawatan yang cukup susah, harus disiram beberapa hari sekali dan mendapatkan pencahayaan sinar matahari serta diberi pupuk untuk bertahan hidup.

  1. Kembang Sepatu

Tanaman Kembang Sepatu Penyerab Bau
Kembang Sepatu

Tanaman ini memiliki bunga yang bermacam-macam dan bentuk yang indah dan sering dijadikan sebagai pagar rumah atau pembatas wilayah. Namun, faktanya kembang sepatu dapat menetralisir racun dan bau tak sedap.

Namun, perlu diperhatiakan bahwa kembang sepatu dengan kemampuan hebatnya apabila diletakkan pada pot dengan di dekatkan ruangan yang terdapat radiografi akan menyebabkan meneruskan radiasi maka akan berbahaya bagi orang di sekitar.

  1. Lili

Tanaman Penyerab Bau Lili
Lili

Tanaman lili paris merupakan tanaman yang menyerap polutan super hebat. Pada tanaman lili dapat efektif dalam menetralisir senyawa benzena yang dijumpai di dalam asap rokok dan dimanfaatkan sebagai campuran bahan bakar kendaraan bermotor. Bunga berwarna putih ini dapat menetralisir juga bahan berbahaya seperti alkohol, aseton, formaldehida yang dijumpai pada peralatan tulis kantor.

  1. Pakis Boston

Tanaman Penyerab Bau Pakis Boston
Pakis Boston

Tanaman ini sudah banyak ditemukan di Indonesia dan berasal dari negara Amerika, Meksiko, dan Afrika. Tanaman ini juga dikenal sebagai pakis pedang. Tanaman ini mempunyai stomata yang dapat berperan sebagai vakum cleaner yang menyerap berbagai kandungan  berbahaya seperti asap rokok dengan kandungan xylene. Pakis Boston dapat menjadi zat yang berguna bagi sistem metabolisme pakis Boston.

  1. Tanaman Anggrek

Tanaman Penyerab Bau Anggrek
Anggrek

Anggrek mempunyai bunga yang menawan dan mempunyai kemampuan udara yang terbebas dari polutan. Bunga anggrek memiliki beragam warna dan bentuk yang termasuk ke dalam tanaman penyerap racun yang hebat. Bunga anggrek mampu merendam dan menyaring udara dari polusi xylene yang terdapat pada asap rokok dan cat tembok.

  1. Sirih Belanda

Tanaman Penyerab Bau Sirih Belanda
Sirih Belanda

Sirih Belanda sering dikenal dengan nama lain yaitu Devil’s Ivy atau Scindapsus aureus yang mempunyai kemampuan dalam menghilangkan kandungan racun hampir setengah masing-masing racun per hari. Sirih Belanda juga dapat merendam sekitar 75% gas karbon Monoksida yang berada di rumah.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa kelompok tanaman berperan untuk menyerap polutan (racun) dan bau di udara. Diantaranya dari jenis tanaman hias yang umumnya sebagai tanaman untuk dekorasi hiasan indoor atau outdoor rumah. Jadi, cocok sekali untuk menghiasi taman rumah dan menyegarkan udara karena sifatnya yang menyerap zat racun dan bau.

Tanaman penyerap bau ini bisa diletakan pada pabrik atau bangunan lainnya misalnya di dalam toilet atau saluran pembuangan ataupun limbah pabrik yang pastinya terdapat polutan tak kasat mata dan bau busuk sehingga membutuhkan tanaman penyerap bau yang tak kunjung hilang.

Untuk di rumah biasanya terdapat bau yang tidak sedap atau busuk yang bisa dari toilet, dari luar rumah sehingga menyebabkan bau menganggu kita di dalam rumah. Perlu tanaman yang direkomendasi untuk menyerap polutan dan bau yang berada di udara.

Demikinalah artikel yang bisa kami berikan pada semua kalangan berkaitan dengan macam-macam tanaman yang bisa menyerap bau dan mudah untuk ditemukan dalam lingkungan sekitar. Semoga memberi wawasan untuk kalian yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *