Tanaman Putri Malu, Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Tumbuhan Putri Malu

Siapa yang tidak mengetahui tanaman putri malu ? jenis tanaman yang disentuh akan menutup diri ini adalah tanaman yang bisa kita dijumpai disekitar pekarangan rumah. Di negara Indonesia sendiri tanaman putri malu memiliki banyak sebutan seperti di wilayah Bali dipanggil dengan nama padang getap, didaerah Batak menyebutnya dengan nama sikerput, di Jawa dipanggil kucingan, di Sunda dipanggil rondo kagit, di Madura disebut todusan, dan di Manado dikenal dengan nama kaget-kaget.

Pada dasarnya tanaman ini sebetulnya mempunyai nama ilmiah atau nama latin yaitu mimosa pudica linn. Tumbuhan putri malu ini diketahui berasal dari wilayah Amerika Selatan atau lebih tepatnya berada di negara Brazil. Berdasarkan sejarah yang sudah ada, jenis tanaman putri malu ini sudah ada dan diperkenalkan sejak tahun 1804.

Tanaman Putri Malu

Perlu anda ketahui bahwa tumbuhan putri malu ini sudah tersebar luas ke berbagai belahan negara dan paling banyak ialah di kawasan Asia. Hal ini dikarenakan tanaman putri malu ini akan lebih subur dan pertumbuhannya lebih baik jika berada diwilayah yang tropis atau sesuai habitat aslinya.

Biasanya tumbuhan putri malu ini bisa ditemukan dimana saja terutama di ketinggian sekitar 1 hingga 1200 meter diatas permukaan air laut. Selain itu tanaman ini juga termasuk tumbuhan liar. Putri malu juga bisa tumbuh dan berkembang dalam kondisi tanah yang lembab hingga tanah gersang. Perkembangan atau perbanyakan tanaman ini bisa dilakukan melalui bijinya.

Klasifikasi Putri Malu

Tanaman putri malu juga memiliki klasifikasi dalam sistem tanaman yang diuraikan sebagai berikut:

Kingdom Plantae
Sub kingdom Viridiplantae
Infra kingdom Streptophyta
Super divisi Embryophyta
Divisi Tracheophyta
Sub Divisi Spermatophytina
Kelas Magnoliopsida
Super ordo Rosanae
Ordo Fabales
Family Fabaceae
Genus Mimosa L
Spesies Mimosa pudica L

Ciri Morfologi Putri Malu

Tanaman putri malu memiliki ciri morfologi yang bisa digunakan untuk membedakan tanaman putri malu dengan tumbuhan lainnya. Berikut dibawah ini adalah karateristik dari putri malu yang dijelaskan sebagai berikut;

  1. Akar

Morfologi pertama dari tanaman putri malu yaitu bagian akarnya. Jenis akar tanaman ini yaitu akar tunggang. Bentuk akar adalah silindris dan memiliki ukuran yang bervariasi dengan ketebalan sekitar ketebalan 2 cm. Uniknya taman putri malu ini memiliki definisi akar yang bisa menimbulkan bau menyengat serta asam, cenderung sama seperti bau buah jengkol.

Akar putri malu juga bersifat sangat kokoh, karena akar ini berfungsi sebagai untuk mencegah terjadinya erosi pada saat air menggerus permukaan tanah. Bagian akar juga bisa dipakai untuk obat herbal seperti mengobati kolera, menyembuhkan luka, sampai meningkatkan libido.

  1. Batang

Perlu anda ketahui bahwa pada saat ingin memegang tanamna putri malu jangan langsung menyetuh bagian batangnya. Hal ini dikarenakan bentuk batang milik putri malu mempunyai semacam duri keras dan runcing dan jika terkena maka akan menyebabkan luka.

Batang tanaman putri malu juga memiliki bentuk yang silindris, selain berduri batang ini memiliki bulu halus dan ukurannya sangat beragam. Apabila batang masih berumur sangat muda maka warna yang dimunculkan adalah hijau, sedangkan jika umur batang sudah tua maka warnanya yaitu merah gelap.

  1. Daun

Morfologi selanjutnya dari tanaman putri malu yaitu bagian daun. Daun adalah bagian putri malu yang paling unik karena daun ini akan menutup pada saat terjadi kondisi tertentu seperti terkena sentuhan, tertiup angin, dan bisa juga dari faktor suhu. Daun memiliki bentuk yang sangat khas yaitu bersisir atau bersirip, ukurannya kecil, pipih dan tumpul dibagin ujungnya.

Daun putri malu bisa menutup karena adanya rangsangan atau tekanan turgor pada tulang daun. Sebagai informasi bahwa bagian lain dari tanaman ini yang tidak tersentuh pun biasanya akan ikut menutup. Walaupun sebetulnya yang disentuh hanya satu helai daun saja namun bagian yang tertutup bisa satu tangkai. Hal ini dilakukan oleh tanaman untuk melindungi diri dari serangan hewan pemakan tumbuhan.

Jika daun sudah menutup dan warnanya berubah pucat maka hewan tertipu karena berfikiran jika daun sudah mati dan tidak layak dimakan. Sedangkan warna daun umunya adalah hijau dan dibagian tepi terkadang ada corak yang berwana ungu.

Setiap satu tangkai daun biasnaya ada kurang lebih 5 sampai dengan 26 pasang helai dengan ukuran panjang mencapai 6 hingga 16 mm dan lebar 1 sampai dengan 3 mm.

  1. Bunga

Putri malu memiliki morfologi bunga yang bentuknya seperti bola, bulat dan warnanya adalah ungu terang. Bagian bunga biasanya banyak ditumbuhi rambut halus. Bunga juga akan terlihat layu pada saat matahari mulai terbenam, dan ketika matahari terbit maka bunga akan terlihat mekar kembali dan inilah yang menjadi keunikan dari tanaman putri malu.

  1. Biji

Biji pada tanaman putrid malu ini bisa digunakan untuk memperbanyak tanaman ini. Struktur biji mempunyai ukuran yang sangat kecil dan biji ini biasanya ditumbuhi bulu-bulu halus. Pada umumnya biji memiliki warna merah dan dalam satu tangkai terdapat kurang lebih 10 sampai dengan 20 buah.

Manfaat Putri Malu

Manfaat tanaman ini, yang diuraikan sebagai berikut:

  1. Mengobati bronkitis kronik

Tanaman putri malu dianggap bisa mengobati penyakit seperti bronchitis.  Bronkitis sendiri adalah salah satu penyakit yang menyerang paru-paru.  Cara yang bisa dilakukan bagi anda yang sedang mengalami sakit ini maka ambilah akar putrid malu sekitar 60 gram dan rebus dengan air. Kemudian sisakan rebusan sekitar 2 gelas saja dan bisa dimnum sebanyak 2 kali sehari.

  1. Mengobati rematik

Salah satu manfaat dari tanaman putri malu yaitu bisa mengobati sakit rematik. Caranya yaitu rendam akar daun putri malu ini dengan dalam arak putih sekitar 5000 cc selama 2 minggu. Selanjutnya tempelkan tempelkan akar yang sudah direndam tadi di tempat yang sakit.

  1. Menurunkan Demam

Sakit deman yang sedang dialami seseorang juga bisa diobati dengan tanaman putri malu. Hal ini dikarenakan daun ini bisa menjaga suhu tubuh sehingga panas demam tidak akan kembali lagi menyerang.

  1. Mengobati Insomnia

Bagi anda yang susah tidur maka putri malu ini sangat bisa membantu masalah anda tersebut. Ramuan ini bisa dibuat dengan cara merebus sekitar 50 gram tumbuhan putri malu dengan air secukupnya lalu bisa diminum pada saat rebusan sudah dingin.

  1. Mengobati Asma

Tanaman putri malu juga bisa dipakai untuk mengobati sait asma, sehingga bagi anda yang sedang mengalami sakit ini bisa memanfaatkan tanaman putrid malu sebagai obat tradisional.

Caranya yaitu rebus sekitar 10 gram putri malu selama 15 menit dan setelah dingin bisa dikonsumsi 3 x sehari sebanyak 1 sampai dengan 2 sendok makan. Selain itu tanaman ini juga mampu mengobati penyakit lainnya seperti wasir, diabetes, kencing batu, demam tinggi pada anak, radang mata, dan juga herpes

Cara Budidaya Putri Malu

Mengetahui manfaat putrid malu yang sangat banyak dan luar biasa ini , maka tanaman ini harus selalu dibudidayakan agar bisa digunakan banyak orang dan kelestariannya tetap terjaga. Tanaman putri malu ini memiliki cara yang sangat mudah dalam melakukan penanamannya yaitu dengan cara mencabut tanaman terlebih dahulu dari lahan pertanian atau tempat aslinya.

Setelah mencabut tanaman putri malu dari tanah atau habitatnya, maka masukan dulu putri malu ke dalam air akan tetapi jangan sampai terkena bagian daunnya. Selanjutnya ditaruh tanaman putri malu itu kedalam polybag yang sudah berisi tanah dan dipadatkan dengan hati-hati.

Lakukan pula pemeliharaan dan perawatan pada tanaman ini seperti menyiramnya dengan air. Hal ini dilakukan agar tanaman selalu mendapat unsur air ataupun nutrisi yang dibutuhkan dan tidak membuatnya layu.

Demikianlah artikel yang bisa kami uarikan pada kalian tentang deskripsi tanaman putri malu, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, manfaat, dan teknik pembudidayaan yang bisa dilakukan. Semoga memberi edukasi bagi kalian yang membutuhkannya.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *