Pengertian Tanaman Rambat, Jenis, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Tanaman Rambat Adalah

Tanaman mempunyai salah satu ciri yang mengkategorikannya sebagai makhluk hidup yaitu dengan tumbuh dan berkembang. Tumbuh dengan cara merambat merupakan salah satu bentuknya. Pada umumnya tanaman merambat ini akan senantiasa diawali dengan pertunasan atau perkecambahan kemudian pembentukan disusul dengan pembentukan bagian tanaman seperti batang dan sebagainya dengan penampakan vertikal.

Tanaman Merambat

Tanaman merambat pada hakekatnya memiliki naluri alamiah. Hal ini dikarenakan tanaman yang tumbuh menjalar biasanya berada didasar hutan sehingga hanya mendapatkan sedikit cahaya matahari sehingga tanaman ini memiliki naluri untuk tumbuh merambat ke bagian tubuh tanaman lainnya untuk meraih posisi terbaik dalam kompetisi mendapatkan cahaya matahari.

Batang tanaman merambat tergolong lemah sehingga tanaman ini mengembangkan beberapa organ khusus seperti sulur, akar udara dan duri dalam bertahan hidup dengan menumpang pada bagian tumbuhan lainnya yang lebih tinggi dan kuat.

Jika tanaman merambat tidak mendapatkan tumbuhna penopang, maka tanaman ini akan tumbuh menjalar. Selain bagian tumbuhan, tanaman ini juga dapat merambat pada bebatuan atau tegakan lainnya untuk memperoleh sinar matahari. Tanaman merambat yang terkena cahaya matahari pertumbuhannya lebih cepat karena tidak menginvestasikan nutrisinya untuk membentuk batang yang keras.

Jenis Tanaman Merambat

Dalam bertahan hidup, tanaman merambat berevolusi kedalam beberapa macam, yang kesemua itu menyesuaikan lingkungannya untuk tumbuh dan berkembang dengan tetap menggunakan naluri alaminya. Berikut beberapa jenis tanaman merambat yang biasanya ditemukan;

Melingkarkan batangnya pada tumbuhan yang tegak

Tanaman merambat yang mempunyai habitus untuk tumbuh pada bagian tumbuhan lainnya dapat menampakan perilaku salah satunya melingkarkan bagian batangnya di sekitar tumbuhan tegak. Hal tersebut dapat membuat tanaman merambat tumbuh mengikuti pertumbuhan tumbuhan tegak yang ditumpangi bahkan hingga tumbuhan tegak tersebut dapat tertutupi oleh tanaman yang merambat.

Menggunakan Tendril

Tendril atau sulur merupakan modifikasi dari bagian daun yang digunakan oleh tanaman merambat untuk bergantung ke penyangga. Setelah menjerat penyangga atau struktur lain, sulur akan mengumpar sehingga tanaman merambat tertarik mendekati penyangga.

Pada sebagian tanaman merambat, tenril juga merupakan modifikasi dari bagian batang. Jenis tanaman merambat yang menggunakan tendril untuk bertahan hidup dapat memperoleh cahaya matahari setelah melekatkan tubuhnya dengan sulur pada struktur lain yang terpapar sinar matahari.

Menggunakan Duri

Jenis tanaman merambat lainnya adalah menggunakan duri sebagai perilaku alamiah dalam mendapatkan tumpangan dibagian tumbuhan lainnya. Tanaman merambat akan menggunakan duri sebagai pengait dengan bagian yang ditumpanginya kemudian tanaman ini tumbuh secara merambat pada bagian tersebut.

Duri merupakan organ khusus yang dibentuk oleh tanaman merambat sebagai salah satu alat bantu untuk merambat pada tumbuhan penopang atau struktur lainnya.

Menyesuaikan bentuk struktur yang ditumpangi

Tanaman merambat juga dapat menyesuaikan dengan bentuk batang maupun celah bebatuan yang tersedia sembari merambat naik mengisi celah tersebut untuk mendapatkan cahaya matahari dan tumbuh dengan baik. Jenis tanaman merambat ini akan menunjukan tampilannya sesuai dengan media tempatnya merambat.

Manfaat Tanaman Merambat

Adaoun secara umum fungsi dari tanaman merambat ini, antara lain sebagai berikut;

Sebagai Tanaman Hias

Seperti yang diketahui bahwa segala definisi tanaman hias sukses mempercantik dekorasi rumah maupun mengisi taman di halam rumah. Tak terkecuali dengan tanaman hias rambat yang akan tumbuh merambat mengisi ruang kosong di pekarangan maupun dinding rumah.

Tanaman hias yang merambat dibagian rumah akan menambah kesan asri dan eksotis dari desain rumah yang dipakai. Tanaman merambat juga dapat menjadi alternatif tepat untuk konsep green house dengan pagar hidup menawan yang terbentuk dari rangkaian tanaman hias merambat.

Sebagai Tanaman Obat

Selain sebagai penghias rumah, tanaman merambat juga mempunyai manfaat lain yaitu sebagai tanaman obat untuk menyembuhkan beragam penyakit dan dapat digunakan dalam pengobatan suatu penyakit. Tanaman rambat dapat dengan mudah ditanam di pekarangan rumah dengan mneyedikan penyangga sebagai tempat merambat atau ditanam dekat dengan pohon besar yang kokoh sebagai media rambatan.

Penyejuk Lingkungan

Pada dasatnya semua tumbuhan yang ditanam dapat menyejukan lingkungan termasuk tanaman merambat yang ditanam di sekitar rumah. Tanaman merambat dapat menjadi pilihan tepat dalam menyejukan rumah dengan membiarkannya tumbuh mearambat di dinding rumah, pagar maupun di taman sehingga udara sekitar menjadi lebih sejuk dan menyehatkan.

Peneduh Rumah

Tanaman yang tumbuh merambat dapat membentuk kanopi dan berfungsi sebagai peneduh rumah. Tanaman merambat sebagai peneduh biasanya tumbuh merambat pada bagain atap rumah maupun jendela.

Tanaman yang merambat di bagian atap dapat memberikan kesan hijau pada rumah dan menampilkan konsep yang alami. Selain itu tanaman ini juga dapat meredam cuaca panas ketika berfungsi sebagai peneduh sehingga rumah terasa lebih asri.

Contoh Tanaman Merambat

Adapun beberapa contoh tanaman rambat yang mudah ditemukan, antara lain sebagai berikut;

Tanaman Dolar

Contoh tanaman rambat yang pertama adalah tanaman dolar. Tanaman ini memiliki warna daun cerah yang memberikan kesan sejuk dan menyegarkan serta dapat tumbuh subur sepanjang tahun dengan perawatan yang terbilang mudah.

Selain itu pemangkasan rutin yang dilakukan akan membuat tanaman ini tetap indah saat dipandang mata. Tanaman dolar biasanya tumbuh merambat di dinding atau di pagar rumah dengan tekstur daun yang tebal dan hijau menambah keindahan konsep arsitektur alam dibagian rumah.

Rotan

Rotan adalah contoh tanaman merambat yang menjadi salah satu sumber daya hayati Indonesia. Rotan banyak dijumpai di hutan Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Kalimatan, Sulawesi dan Nusa Tenggara. Rotan juga menjadi salah satu komoditi ekspor andalan di pasar dunia.

Rotan dikenal sebagai tanaman dengan habitus merambat yang cepat tumbuh dan dapat dipanen dalam waktu singkat. Rotan memiliki duri sebagai alat pertahanan dari herbivora sekaligus membantu pemanjatan karena rotan tidak mempunyai sulur.

Markisa

Markisa adalah tanaman buah yang hidupnya dengan cara merambat pada penyangga atau atau pohon. Markisa selain digunakan sebagai penghias taman juga dapat dibudidayakan untuk dipanen bagian buahnya.

Buah markisa dengan warna cerah dan cantik dapat menjadi daya tarik utama dari tanaman ini. Selain itu tumbuhnya yang merambat menjadikannya sebagai hiasan yang menarik untuk dilihat sekaligus menikmati kelezatan buahnya.

Lada

Tanaman lada merupakan salah satu tumbuhan rempah yang hidupnya merambat pada tiang yang disediakan. Lada yang dapat merambat setinggi pohon yang dipanjatnya juga kerap digunakan sebagai tanaman sela di suatu perkebunan sehingga produksi dari industri tersebut mempunyai nilai tambah. Lada menjadi salah satu komoditas rempah penting di Indonesia dengan harga jual tinggi.

Daun Sirih Merah

Daun sirih merah dengan nama latin Piper crocatum biasa tumbuh di daerah beriklim tropis. Sama halnya dengan sirih hijau, tanaman daun sirih merah juga tumbuh merambat di pagar atau pohon. Tanaman ini tidak hanya dapat dijadikan sebagai tanaman hias namun juga bisa digunakan untuk tanaman obat.

Daun sirih merah mengandung senyawa fito-kimia seperti alkoloid, saponin, flavonoid dan tanin yang dapat menyembuhkan penyakit seperti diabets, hepatitis, batu ginjal dan lainnya.

Bunga Air Mata

Bunga air mata pengantin atau dikenal dengan nama lain Coral vine dan Coraline  merupakan bunga asal meksiko. Bunga dari tanaman ini mempunyai warna cerah yang sangat cocok ketika dijadikan sebagai penghias taman. Tanaman ini hidup dengan cara merambat pada tumbuhan lainnya.

Jika dijadikan tanaman hias dapat dirambatkan pada pagar. Selain itu tanaman ini juga dapat menjadi tanaman peneduh.

Bunga Melati

Melati banyak ditemukan di Indonesia dan merupakan bunga nasional bangsa Indonesia. Melati merupakan contoh tanaman hias merambat dengan batang tegak dan ciri khas bunga berwarna putih. Bunga melati dapat tumbuh merambat dibagian bawah taman maupun pada penegak yang disediakan. Baca jugaPengertian Bunga, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

Morning Glory

Bunga morning glory adalah contoh tanaman hias merambat yang dapat tumbuh dengan cepat. Bunganya memiliki banyak warna.

Salah satu warna yang terkenal dari bunga ini adalah ungu atau disebut morning glory purple star. Morning glory sangat cocok dirambatkan pada pagar rumah sehingga menambah kesan apik dan menarik pada bagian pagar dan pelengkap taman.

Krokot

Krokot merupakan contoh tanaman merambat dengan segudang manfaat. Krokot yang sering dianggap sebagai tumbuhan liar merambat yang menghiasi pekarangan rumah ternyata mempunyai efek mampu menyembuhkan beragam penyakit dan berkhasiat menjaga kesehatan. Krokot biasanya tumbuh dengan cara menjalar dipermukaan tanah dan bergerombol.

Nah, itulah tadi penjelasan secara lengkapnya mengenai pengertian tanaman rambat, jenis, manfaat, dan contohnya yang mudah ditemukan. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan serta refrensi mendalam bagi pembaca yang mencarinya, trimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *