Pengertian Tanaman Sri Rejeki, Klasifikasi, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Tanaman Sri Rejeki Adalah

Tanaman sri rejeki pada hakekanta menjadi salah satu arti tumbuhan yang digemari oleh masyarakat Indonesia, hal ini lantaran pada prses perawatan di lahan pertanian sangat mudah serta mempunyai daun dengan corak yang menarik.

Selain itu tanaman ini cocok untuk menjadi penghias rumah dengan tema alam dan membuat lingkungan sekitar tempat tinggal menjadi lebih asri dan menarik.

Tanaman Sri Rejeki

Tanaman sri rejeki memiliki nama lain aglaonema dan chinese everegreen yang menjadi salah satu arti tanaman hias yang sangat tekenal. Tanaman sri rejeki berasal dari suku talas-talasan atau araceae yang diyakini dapat membawa keberuntungan.

Nama tanaman aglaonema sendiri berasal dari bahasa Yunani “aglaos” dan “nema” atau “nematos” mempunyai arti terang atau mengkilap. Penyebaran utama aglaonema adalah di kawasan Asia Tenggara antara lain Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, Laos, Vietnam, Brunei Darussalam Myanmar. Selain itu juga tanaman ini menyebar sampai ke Cina, Amerika dan Florida.

Pengertian Tanaman Sri Rejeki

Sri rejeki adalah salah satu jenis tanaman yang dapat menghilangkan polutan rumah tangga berupa formaldehida dan benzena secara efektif yang telah ditetapkan oleh NASA melalui adanya studi kebersihan udara. Atas dasar inilah setidaknya tumbuhan ini mempunyai keunggulan yaitu keindahan yang dapat mempercantik dekorasi interior dan eksterior.

Namun disisi lain, sri rejeki mengandung racun. Hal ini telah diungkapkan oleh Dr Susiani Purbaningsih, DEA, dari FMPA Universitas Indonesia yang mengatakan bahwa pada getah Sri rejeki mengandung racun. Racun dalam aglaonema digunakan untuk melawan musuhnya namun racun tersebut masih tergolong ringan.

Tanaman Sri Rejeki Menurut Para Ahli

Adapun definisi sri rejeki menurut para ahli, antara lain;

  1. Roza (2011), Sri rejeki yang dikenal dengan aglonema tersusun dari dua kata dari bahasa Yunasi antara lain Aglaos dan Nema. Aglaos memiliki arti yang terang/cerah dan nema artinya benang maka Aglaonema dapat diartikan sebagai tanaman yang membawa “energi yang terang”. Aglaonema memiliki sebutan lainnya yaitu Chinese Evergreen hal ini disebabkan oleh pembudidaya tanaman pertama kali ini berasal dari negara China.  Namun, di Indonesia tanaman aglaonema disebut dengan Sri Rejeki.
  2. Mariani (2011), Pengetian tanaman sri rejeki adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki daun yang indah, seperti tanaman monokotil yang dimana bunganya tumbuh dan berbunga yang biasa disebut dengan spadix. Aglaonema memiliki variasi warna yang beragam seperti hijau, merah, putih, dan merah muda.
  3. Leman (2004), Arti tanaman sri rejeki adalah salah satu jenis tanaman hias yang memiliki keindahan (estetika) di bagian daun yang terletak pada bentuk, corak, dan warna. Sri rejeki berasal dari negara-negara Asia salah satunya yaitu Indonesia. Sri rejeki memiliki habitat di hutan dengan cahaya yang terbatas. Aglonema di Indonesia sudah ada pada tahun 1980 (Pride of Sumatera dan Donna Carmen).
  4. Gregori (2006), Sri rejeki berasal dari negara asia salah satunya adalah Indonesia. Di Indonesia memiliki sri rejeki lokal yang merupakan spesies asli yang tumbuh di Indonesia (endemik) dan merupakan hasil persilangan yang dilakukan oleh para pemulia pada tempo dulu. Sri rejeki lokal dipandang sebelah mata dengan sri rejeki. Padahal sri rejeki lokal memiliki keindahan corak yang menarik dan warna serta motif yang unik dan indah seperti sri rejeki tiara.

Klasifikasi Ilmiah Sri Rejeki

Tanaman bernama lokal sri rejeki mempunyai klasifikasi ilmiah, sebagai berikut;

Kingdom Plantae
Subkingdom Tracheobionta
Superdivisi Spermatophyta
Divisi Magnoliophyta
Kelas Liliopsida
Subkelas Arecidae
Ordo Arales
Familia Apocynaceae
Genus Alstonia
Spesies A. Scholaris

Ciri Morfologi Tanaman Sri Rejeki

Adapun untuk morfologi tumbuhan ini, antara lain sebagai berikut;

  1. Akar

Morfologi atau ciri dari tanaman sri rejeki terdiri dari beberapa bagain tanaman seperti akar dari tanaman sri rejeki mempunyai tipe perakaran serabut yang berfungsi menyerap air dan unsur hara dalam tanah untuk memenuhi kebutuhan tanaman tersebut.

Arti akar tanaman ini berwarna putih dan berair. Apabila akar tanaman berwarna coklat menandakan bahwa tanaman ini mengalami suatu penyakit. Ukuran akar tanaman sri rejeki berkisar anatar 2 sampai dengan 5 mm.

  1. Batang

Pengertian batang tanaman sri rejeki mempunyai diameter batang relatif kecil berkisar 1-3 cm atau lebih. Batang tanaman ini berwarna putih, hijau dan ada juga yang berwarna kemerahan. Batang mempunyai bentuk yang berbuku-buku berair dan tidak berair.

  1. Daun

Daun tanaman aglaonema merupakan bagian yang menjadi daya tarik karena mempunyai pola warna yang bervariasi. Pada spesies alam, daun tanaman didominasi dengan warna hijau dan bercorak putih sedangkan pada jenis hibrida warna daun dominan adalah merah, kuning, kemerehan hingga jingga.

Kemudian untuk bentuk dari daun tanaman ini juga cukup beragam seperti lanset, bentuk jantuk, bulat telur hingga elips. Ukuran daun tanaman antara 10 sampai dengan 40 cm.

  1. Bunga

Bagian dalam definisi bunga dari tanaman sri rejeki berbentuk seperti bunga talas atau keladi yang muncul dari ketiak daun. Bunga tanaman ini mempunyai warna putih. Jenis bunga tanaman ini termasuk uni seksual dengan bagian bunga jantan dan betina terdapat dalam satu bunga.

Buah pada tanaman aglaonema keluar dari pangkal bunga dalam bentuk tonjolan kecil. Buah tanaman akan matang dalam waktu 8 bulan setelah terjadinya fertilisasi. Buah tanaman ini mempunyai bentuk menyerupai biji kopu dengan diameter berkisar 1 cm.

Jenis Tanaman Sri Rejeki

Tanaman Sri rejeki umumnya terbagi menjadi dua kelompok yaitu aglaonema alam atau spesies dan aglaonema silangan atau hibrida.

  1. Sri Rejeki alam

Aglaonema alam merupakan jenis aglaonema asli atau bukan merupakan hasil persilangan yang mempunyai ciri daun yang dominan berwarna hijau dan ada campuran putih. Untuk jenis aglaonema rotundum warna daunnya agak kemerehan dengan bentuk daun bulat telur.

Beberapa contoh aglaonema alam atau spesies antara lain aglaonema costatum, aglaonema commutatum, aglaonema nitidum dan lainnya.

  1. Sri Rejeki silangan/hibrida

Untuk kelompok kedua yaitu aglaonema silangan atau hibrida adalah hasil persilangan antara beberapa jenis aglaonema. Jenis ini mempunyai tampilan yang lebih menarik dengan warna cerah seperti merah, kuning dan orange.

Aglaonema hibrida ada yang berasal dari hasil penyilangan indonesia atau hibrida lokal dan hasil silangan luar negeri atau disebut aglaonema hibrida impor. Beberapa jenis aglaonema lokal adalah pride of Sumatra, Adelia, Tiara, Donna Carmen dan lainnya. Sedangkan contoh dari jenis hibrida impor anatar lain Butterfly, Legacy, Lady Valentine, Super Red dan lainnya.

Contoh Tanaman Sri Rejeki

Contoh Tanaman Sri Rejeki
Contoh Tanaman Sri Rejeki

Berikut ini beberapa contoh dari jenis tanaman aglaonema yang dikenal sri rejeki di Indonesia. Antara lain;

  1. Sri Rejeki Bidadari

Tanaman sri rejeki jenis bidadari mempunyai daun yang cantik seperti bidadari dengan warna daun yang merupakan perpaduan warna dari hijau dan merah muda.

Sedangkan bagian batang jenis ini berwarna merah. DAun tanaman mempunyai ujung yang meruncing dan tulang daunnya menampakan garis yang tegas. Jenis sri rejeki bidadari mempunyai daun yang tumbuh tidak beraturan sehingga tanaman terlihat rimbun.

  1. Sri Rejeki Legacy

Sri rejeki legacy merupakan jenis aglaonema hibrida impor yang mempunyai perpaduan warna pada daun dan tulang daun yang menarik. Warna daun tanaman adalah hijau dengan tulang daun berwarna merah gelap. Bentuk daun jenis legacy adalah lonjong dan meruncing pada bagian ujungnya.

Tak jarang ada beberapa daun dari jenis ini yang mempunyai semburat berwarna putih pada daunnya sehingga tampilannya menjadi lebih cantik dan menarik.

  1. Sri Rejeki Sinar Bulan

Tanaman Sri rejeki sinar bulan terkenal sebagai salah satu tanaman terbaik di Nusantara. Daun tanaman ini mempunyai warna hijau keputihan dengan tulang daun berwarna merah. Bentuk daunnya berbentuk bulat sedikit memanjang dengan cekungan. Jika terpapar cahaya, daun sri rejeki jenis ini akan terlihat seperti bergelombang karena teksturnya yang unik.

  1. Sri Rejeki Pride of Sumatra

Jenis sri rejeki berikutnya adalah pride of Sumatra. Sri rejeki jenis ini berasal dari Sumatera. Jenis ini mempunyai warna yang sedikit berbeda dengan warna umum pada jenis lainnya. Pride of Sumatera mempunyai warna merah tua pada daun dan merah muda pada tulang daunnya. Kombinasi warna yang berbeda ini membuat jenis pride of Sumatera terlihat lebih eksotis dan elegan.

  1. Sri Rejeki Lipstik

Jenis tanaman sri rejeki lipstik mempunyai bentuk daun memanjang dengan ujung runcing dan tekstur daun yang bergelombang. Nama lipstik berasal dari warna merah yang mengelilingi pinggiran daun dan batang tanaman jenis ini. Penampakan tersebut membuat jenis aglaonema ini cukup memikat perhatian.

  1. Sri Rejeki Red Kochin

Jenis red kochin mempunyai dominasi warna merah muda dibagian daunnya. Pada beberapa daun tanaman ada yang mempunyai warna hijau tua dengan bagain tulang daun berwarna putih. Bentuk daun tanaman untuk jenis ini adalah bulat meruncing dengan tangkai daun yang panjang sehingga daun tanaman menjuntai secara alami.

  1. Sri Rejeki Dud Anjamani

Tanaman sri rejeki jenis ini terkenal di kalangan pecinta tanaman hias. Warna daun yang dimiliki jenis ini sangat unik dengan bentuk daun bulat meruncing dan dominasi warna merah muda pada daunnya dan dipadukan dengan warna hijau serta terdapat bercak tipis yang tidak beraturan disekitar daun membuat kesan daun yang sangat memikat. Daun tanaman mempunyai ukuran yang tidak terlalu akan semakin cantik ketika terpapar sinar matahari.

  1. Sri Rejeki Lady Valentine

Contoh lain dari tanaman sri rejeki hibrida impor adalah lady valentine yang mempunyai warna daun menyerupai jenis dud anjamani tetapi lebih muda. Bagian tulang daun jenis ini terlihat jelas karena adanya semburat warna hijau pada daun. Daun tanaman jenis ini mempunyai bentuk lebih panjang dan sedikit bergelombang.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, aglaonema di Indonesia biasa dikenal dengan Sri Rejeki. Nama Sri rejeki ini mengacu pada jenis aglonema asli Indonesia yaitu Aglaonema Pictum. Aglaonema Pictum dapat ditemukan di daerah yang dekat dengan gunung berapi yang memiliki ketinggian berkisar 100 sampai dengan 200 m dari dpl. Agalonema Pictum memiliki daun yang lonjong melebar dan warna daunnya hijau kebiruan dan memiliki corak abu-abu keperakan. Aglonema Pictum ini memiliki tangkai daun yang tegak. Habitatnya berada di pulau Nias dan Sumatera.

Sifat tanaman aglaonema ada yang dapat terpapar sinar matahari dan ada juga yang harus ternaungi. Sebagian aglaonema dapat bertahan hidup di lingkungan lembab dan sebagian lainnya di tempat kering. Tanaman Sri rejeki termasuk kedalam kelompok tanaman herba yang tumbuh pada ketinggian 20 hingga 150 cm dengan susunan daun berseling pada batangnya serta berbentuk bulat hingga lonjong. Getah tanaman ini mengandung racun yang dapat menyebabkan iritasi kulit serta peradangan saluran mulut jika terminum.

Aglaonema dikenal mempunyai toleransi cukup tinggi terhadap berbagai variasi lingkungan dan tergolong tanaman yang mudah ditumbuhkan. Tanaman sri rejeki dapat digunakan sebagai penghias teras, table plant maupun tanaman indoor.

Syarat tumbuh tanaman sri rejeki yang pertama adalah faktor ketinggian. Ketinggian yang tepat akan berpengaruh pada kecepatan pembentukan daun tanaman yang menjadi daya tarik utama tanaman ini.

Kemudian faktor suhu di daerah dataran sedang ataupun rendah sangat ideal untuk pertumbuhan tanaman ini. Faktor selanjutnya adalah kelembaban, tanaman aglaonema sangat cocok pada konidisi dengan kelembaban tinggi. Untuk kebutuhan cahaya, tanaman ini umumnya tidak membutuhkan terlalu banyak cahaya matahari.

Itulah tadi penjelasan lengkapnya mengenai pengertian tanaman sri rejeki, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, jenis, dan contohnya yang ada di sekitar kita. Semoga melalui tulisan ini memnberikan wawasan serta menambah pengetahun pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *