Pengertian Tanaman Toga, Jenis, dan Manfaatnya

Diposting pada

Tanaman Toga AdalahPemanfaatan arti tumbuhan obat yang dilakukan saat ini ternyata sudah diaplikasikan oleh nenek moyang kita sejak ribuan tahun yang lalu. Seperti yang kita ketahui bahwa pada zaman dahulu belum ditemukan obat kimia dengan berbagai jenisnya dalam mengeobati permasalahan kesehatan.

Oleh sebab itulah zaman dahulu ketika orang merasa sakit, mereka hanya menggunakan tanaman obat-obat keluarga atau disingkat tenaman toga. Jadi, persis bahwa penyematan dalam tumbuhan toga berasal dari masyarakat Indonesia.

Tanaman TOGA

TOGA adalah singkatan Tanaman Obat Keluarga yang hakekatnya menjadi tanaman yang memiliki fungsi sebagai obat herbal dan ditanam dipekarangan atau kebun milik warga. Disisi lain, tanaman toga sering dimanfaakan oleh masyarakat sebagai obat tradisional karena selain harganya yang cukup murah juga tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Tentusaja hal ini berbeda jikalau dengan obat kimia yang dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan, bahkan juga tak jarang obat kimia justru dapat menimbulkan penyakit bahkan sampai menyebabkan kematian jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.

Pengertian Tanaman Toga

Tanaman toga adalah salah satu jenis tanaman yang mudah untuk dipelihara dan tumbuh subur di halaman ataupun perkarangan rumah, dimana dalam kegiatan untuk arti budidaya tanaman toga ini sampai pada tahap akhir yang kemudian mampu menjadikan banyak rumah yang menyediakan bahan obat herbal.

Pengertian Tanaman Toga Menurut Para Ahli

Adapun definisi tanaman toga menurut para ahli, antara lain;

  1. Tukimin (2004), Pengertian tanaman obat keluarga (toga) adalah tanaman yang dihasilkan dari budidaya masyarakat dan dianggap memiliki khasiat sebagai obat, guna memenuhi keperluan keluarga berupa obat-obatan herbal.
  2. Muhlisah (2006), Tanaman toga adalah tumbuhan obat yang mengacu pada kepentingan keluarga dalam proses penataan pekarangan menjadi pendorong kesehatan masyarakat.
  3. Ridwan (2007), Definisi tanaman obat adalah berbagai jenis tumbuhan yang difungsikan sebagai ramuan obat herbal duan dan bahan-bahannya tersedian di masyarakat.

Jenis Tanaman TOGA

Jenis Tanaman Toga
Jenis Tanaman Toga

Adapun untuk beragam macam tanaman obat keluarga ini, antara lain;

  1. Seledri

Didalam seledri terdapat berbagai macam kandungan vitamin seperti vitamin A,Vitamin B, Vitamin C, kalium, mineral, dan juga zat besi. Tanaman seledri memiliki khasiat sebagai penambah nafsu makan dan juga berkhasiat sebagai obat penyakit darah tinggi, serta juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker.

Selain itu, seledri juga dapat dijadikan sebagai obat untuk menghilangkan stress dan perawatan wajah untuk mencegah kerutan. Cara membuatnya yaitu haluskan seledri dengan ditambahkan sedikit air, lalu usapkan pada wajah.

  1. Belimbing Wuluh

Tanaman yang satu ini berbeda dengan jenis belimbing yang biasa dikonsumsi. Bentuk dari belimbing wuluh  lebih kecil serta bergerombol, bisa juga dimanfaatkan sebagai sayur untuk mengobati beberapa penyakit seperti diabetes, sakit gigi, dan sariawan.

Belimbing wuluh juga ampuh dimanfaatkan untuk menyembuhkan asma dan batuk, karena kandungan yang ada didalamnya dapat mengencerkan dahak.

  1. Bayam Duri

Tanaman bayam duri dapat dimanfaatkan sebagai penawar racun apabila terkena bisa ular dan untuk mengobati penyakit bisul serta kutil. Selain itu, bayam duri juga bisa dimanfaatkan untuk melancarkan ASI dengan cara menghaluskan beberapa helai daun bayam duri dan tambahkan sedikit air, kemudian usapkan pada areal payudara.

  1. Daun Pacar Cina

Tanaman pacar cina dapat tumbuh liar di pekarangan rumah atau kebun warga. Pacar cina banyak ditemukan didaerah pulau Jawa yang bermanfaat untuk mengobati batuk, bisul, serta perut kembung. Daun pacar cina yang dikeringkan dapat digunakan untuk menambah aroma khas pada teh.

  1. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya yang dipergunakan sebagai obat biasanya ditanam oleh masyarakat dipekarangan rumah. Tanaman ini memiliki khasiat untuk kesehatan rambut dengan cara cukup mengoleskan lender lidah buaya ke rambut, agar rambut menjadi sehat, kuat dan lebat. Selain itu tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat, diabetes, radang tenggorokan, sembelit dan beberapa penyakit lainnya.

  1. Temulawak

Temulawak merupakan salah satu tanaman rempah yang dapat tumbuh di Indonesia. Temulawak memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti masuk angin, melancarkan saluran pencernaan, menjaga kesehatan hati, mengatasi penyakit ginjal, dan berbagai penyakit lainnya.

  1. Sambiloto

Sambiloto biasanya dapat dimanfaatkan untuk meurunkan panas, sakit perut, dan perut kembung. Tanaman ini dipercyaa dapat mnyembuhkan kencing manis serta diabetes cara membuatnya yaitu cukup dengan merebus daun sambiloto kemudian diminum.

  1. Daun Cincau

Daun cincau dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan cincau. Ada dua jenis tanaman cincai yaitu cincau yang memiliki daun hitam dan hijau, selain karena memiliki rasa yang enak untuk dimakan ternyata daun cincau juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit diabetes, demam, serta tipes.

  1. Akar Alang-Alang

Mungkin orang sudah sering mendengar tanaman alang-alang, tanaman ini biasanya tumbuh dipekarangan atau kebun masyarakat sebagai gulma. kebanyakan petani menganggap tumbuhan ini sebagai gulma pengganggu tanaman, namun ternyata tanaman alang-alang ini sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit keputihan, panas dalam, serta kencing batu.

  1. Daun Tempuyung

Tanaman ini biasa tumbuh di alam bebas atau semak belukar, namun kini tanaman obat yang satu ini sudah digunakan oleh beberapa pabrik besar sebagai bahan dasar obat. Rasa daun tempuyung memang pahit, namun memiliki banyak seklai manfaat.

Seperti pada daun tempuyung yang bermanfaat untuk mengobati bisul, wasir, asam urat, kencing batu, dan juga darah tinggi.

  1. Ciplukan

Tanaman obat yang satu ini cukup terkenal dimasyarakat, karena memiliki rasa buah yang enak dan banyak anak – anak yang menyukainya.

Ciplukan biasanya tumbuh pada area persawahan, tanaman ini mampu mengobati berbagai macam penyakit dan sangat ampuh untuk mengobati penyakit kanker, paru-paru, asma, radang tenggorokan, dan beberapa penyakit lainnya.

  1. Brotowali

Brotowali memiliki rasa yang cukup pahit, namun ternyata dibalik rasanya yang pahit, brotowali memiliki banyak manfaat, seperti menyembuhkan penyakit malaria, kencing manis, rematik, serta bisa juga digunakan untuk mengobati luka agar tidak terjadi infeksi.

  1. Daun Jinten

Tanaman jinten biasa tumbuh liar di pekarangan atau di kebun milik masyarakat. Pada bagian daun jinten dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ayan, rematik, serta juga dapat digunakan untuk menjaga kestabilan metabolisme tubuh.

  1. Daun Kumis Kucing

Mungkin tanaman kumis kucing sudah tak asing lagi bagi sebagian masyarakat. Tanaman obat yang satu ini banyak ditemukan dilingkungan sekitar dan memiliki khasiat untuk mengobati sakit batuk, kencing batu, rematik, diabetes, serta masuk angin.

  1. Daun Dewa

Biasa orang jawa menyebut tanaman daun dewa dengan sebutan daun sambung nyowo. Seperti nama sebutannya yang memiliki arti penyambung nyawa, tanaman ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti wasir, tekanan darah tinggi, kanker bahkan daun ini bisa digunakan untuk menetralisir racun, dan mengobati luka, Caranya cukup mudah, yaitu dengan menumbuk daun dewa kemudian balurkan pada bagian yang luka atau sakit.

  1. Daun Sirih

Siapa orang yang tak mengenal tanaman sirih, hampir semua orang sepertinya mengenal. Tanaman ini dipecaya dapat digunakan sebagai obat untuk menjaga area kewanitaan, caranya yaitu cukup mudah hanya dengan merebus beberapa helai daun sirih, kemudian airnya digunakan untuk membasuh area kewanitaan. Selain itu daun sirih juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit mata serta mimisan.

  1. Jambu Biji

Tanaman jambu biji merupakan tanaman yang sangat familiar dan tentu sering kita jumpai karena tanaman ini dapat tumbuh dimana saja serta buahnya yang dapat berbuah tanpa mengenal musim. Selain rasa buahnya yang enak jambu biji juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah, dan bagian daunnya dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati penyakit diare.

  1. Akar Wangi

 Tanaman akar wangi biasanya dapat diolah untuk kemudian digunakan sebagai parfum. Batang dari akar wangi juga dapat dimanfaatkan sebagai obat, seperti obat pegel linu, rematik, batu ginjal serta dapat digunakan untuk mengatasi bau mulut dan bau badan.

  1. Daun Kelor

Biasanya masyarakat mengenal tanaman ini sebagai peluntur susuk, namun saat ini daun kelor dipercaya juga memiliki fungsi untuk mengobati penyakit panas atau demam, daun kelor juga memiliki manfaat untuk menjaga kestabilan metabolisme tubuh.

  1. Temu Ireng

Tanaman ini tergolong dalam rempah yang biasa ditanam sebagai tanaman obat keluarga. Tanaman obat ini dipercaya mampu menambah nafsu makan terutama pada anak-anak, selain itu temu ireng juga dapatdigunakan untuk menyembuhkan penyakit rematik, pegal linu, dan encok.

  1. Tanaman Jahe

Siapa yang tak mengenal tanaman yang satu ini, tanaman jahe biasa digunakan sebagai penyedap makanan atau minuman karena dapat menghangatkan badan, selain itu tanaman jahe juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit asma, tenggorokan, dan masuk angin.

  1. Kunyit

Tanaman Kunyit dikenal sebagai bahan bumbu masakan dan juga pewarna makanan alami. Tanaman obat ini juga dapat digunakan sebagai penawar racun, serta obat dari penyakit leukemia, maag, dan juga bisa menambah produksi ASI pada ibu pasca melahirkan.

  1. Tanaman Lengkuas

Selain dikenal sebagai bumbu masakan, lengkuas ternyata juga dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti diare, tumor, dan rematik. Atas dasar itulah setidaknya tumbuhan lengkuas bisa dimanfaatkan sebagai salah satu jenis tanaman toga.

  1. Tanaman Kencur

Kencur termasuk tanaman rempah yang banyak tumbuh di Indonesia, tanaman obat ini bahkan dipercaya dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala, batuk, dan bisa juga untuk menambah nafsu makan bagi seseorang yang sedang mengalaminya.

Manfaat Tanaman Toga

Adapun untuk beberapa manfaat yang dapat ditemukan dari proses budidaya tanaman toga, antara lain;

  1. Menurunkan kolesterol

Tanaman yang berguna dalam menurunkan kolesterol yaitu anggur. Biji anggur mempunyai manfaat yang sangat kuat terutama untuk kesehatan salah satunya menurunkan kolesterol LDL dan gejala sirkulasi yang bruk di dalam pebuluh darah kaki.

Ekstrak anggur yang diminum secara teratur juga berguna sebagai efek anti kanker dan dapat menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker secara berangsur- angsur.

  1. Mengurangi stress dan gelisah

Tanaman yang berguna dalam mengurangi stress dan gelisah yaitu tanaman lavender. Tanaman yang berbunga warna ungu ini mempunyai sifat obat penenang bagi orang yang mengalami kesulitan tidur. Lavender juga bermanfaat anti inflamasi dan sangat efektif diencerkan dan digunakan pada bagian kulit atau dimanfaatkan dalam terapi aroma.

  1. Meningkatkan sistem imunitas

Tanaman yang berguna dalam meningkatkan sistem imunitas yaitu tanaman temuireng. Tanaman bernama ilmiahkan Curcuma aeruginosa roxb yang termasuk tanaman temu- temuan berwarna lebih gelap jika dibandingkan dengan temulawak. Manfaat temuireng ini biasanya digunakan sebagai penambah nafsu makan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakn bahwa tanaman toga ini berkhasiat sebagai bahan obat tradisional. Oleh arena itulah biasanya dalam kondisi darurat, misalnya keluarga yang sedang sakit sehingga tanaman toga ini bisa membantu meredakan sampai mengobati penyakit.

Dimana pemanfaatan tanaman toga sebagai penyembuhan namun memerlukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Apabila ingin membudidayakan tanaman toga ini bisa diletakkan di media pot atau bisa ditanam langsung pada perkarangan rumah.

Nah, itulah tadi deskripsi yang bisa diberikan atas penjelasan tentang pengertian tanaman toga menurut para ahli, jenis, dan manfaatnya. Semoga melalui artikel ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan bagi segenap pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *