Pengertian Tanaman Yucca Shcidigera dan Manfaatnya

Diposting pada

Tanaman Yucca Shcidigera

Yucca Schidigera merupakan genus semak yang berasal dari familia Aspargacede atau dikenal pula dengan Lilaciae yang termasuk tumbuhan ini ke dalam Agave. Tanaman agave sendiri adalah sejenis tumbuhan sukulen yang toleran terhadap suhu panas dan kering. Atas dasar inilah tumbuhan yucca shcidigera memiliki banyak manfaat di dalamnya.

Tanaman Yucca Shcidigera

Tanaman Yucca Schidigera pada dasarnya merupakan tananam liar berupa semak atau pohon yang biasa tumbuh di daerah-daerah kering seperti Mexico dan Amerika Selatan. Mereka biasa tumbuh di leren gurun berbatu dan dataran gurun. Tanaman ini dapat tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh dan sedikit air.

Selama berabad-abad tanaman Yucca Shidigera telah digunakan penduduk Asli Amerika yaitu suku Indian untuk membuat tali, sandal, keranjang, dan kain.

Di Indonesia Yucca Schidigera terdengar umum bagi pecinta berbagai jenis tanaman hias. Sebagian orang menggunakan tanaman ini sebagai tanaman hias karena memiliki bunga yang indah. Biasanya tanaman ini dijadikan tanaman hias pot.

Yucca Shicidigera memiliki daun yang kaku berwarna hijau mengkilap. Bentuk daun Yucca Schidigera runcing seperti pedang. Daunnya memiliki panjang 30 sampai 150 cm, lebar 4 – 11 cm. Pangkal daunnya biasanya berwarna kuning kehijauan hingga biru kehijaun. Umumnya tinggi  pohon Yucca Shcidigera bisa mencapai 5 meter, dan kulit pohonya berwarna coklat.

Bunga dari tanaman Yuccha Schidigera berwarna putih hingga kekuningan. Panjang bunganya 3 sampai dengan 5 cm dan berbentuk seperti lonceng.

Di tempat asalnya, tanaman Yucca Schidigera tumbuh dengan bunga berwarna putih hingga kekuningan. Sebaliknya, di Indonesia kebanyakan yang tumbuh adalah jenis yang tidak berbunga.

Manfaat Tanaman Yucca Shcidigera

Yucca Shcidigera menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan karena bisa dijadikan obat herbal. Saat ini telah banyak produk-produk obat herbal yang berasal dari ekstrak Yucca Shcidigera. Salah satu produsen terbesar obat herbal dari ekstrak Yucca Shcidigera adalah Cina.

Manfaat Yucca Shidigera dalam bidang kesehatan bisa digunakan untuk mengatasi masalah osteoporosis, pembengkakan, sendi kaku, tekanan darah tinggi, sakit kepala migrain, kolesterol tinggi, radang usus, diabetes, gangguan lambung, dan gangguan hati serta empedu.

Yucca Shcidigera mengandung vitamin C dan antioksidan dalam jumlah tinggi. Kandungan keduanya sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dapat membantu merangsang produksi dan aktivitas sel darah putih untuk melawan infeksi dan virus. Sedangkan kandungan antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Sebagian orang mengoleskan ekstrak Yucca Shcidigera langsung ke kulit untuk mengatasi luka, pendarahan, penyakit kulit, kesleo, nyeri sendi, kebotakan dan ketombe.

Disamping itu, ekstrak tanaman Yucca Shidigera juga digunakan untuk mengurangi bau kotoran kucing. Sebagian produk makanan kucing mengandung ekstrak Yucca Shcidigera. Produk makanan kucing ini diformulasikan untuk mengurangi bau kotoran kucing.

Kesimpulan

Dari pembahasan yang dikemukakan, dapatlah disimpulkan bahwa tanaman yucca shcidigera merupakan tumbuhan agave yang meiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan penghilang bau kotoran yang ada di dalam hewan kucing.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *