Teknik Budidaya Tabulampot Tanaman Buah

Diposting pada

Budidaya Tabulampot Tanaman Buah Mangga

Dalam dunia akademisi, tabulampot adalah teknologi budidaya tanaman dalam lahan pertanian dengan memanfaatkan ruangan yang terbatas untuk menumbuhkan tanaman yang produktif di dalam pot. Untuk bisa melakukan budidaya buah di dalam pot, terdapat beberapa cara yang harus diperhatikan hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tabulampot

Tabulampot adalah tanaman buah yang budidayakan didalam pot dengan tujuan untuk hiasan ataupun untuk dimanfaatkan hasil buahnya. Pada dasarnya, tabulampot bukan hanya tanaman buah, tapi jenis tanaman hias, tanaman sayuran dan tanaman pangan pun dapat dibudidayakan di dalam pot.

Pengertian Tabulampot Menurut Para Ahli

Adapun definisi tabulampot menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

Dahlia (2001)

Budidaya tanaman buah dalam pot (tabulampot) merupakan salah satu solusi bagi para pecinta tanaman di perkotaan yang mempunyai lahan yang sempit untuk bisa digunakan sebagai lahan pertanaman. Dari segi perawatan, tabulampot tidak tergolong sulit. Seperti halnya dengan tanaman tanpa media pot, harus dipupuk serta diberi air.

Teknik Budidaya Tabulampot

Adapun untuk beberapa teknik dalam budidaya tanaman dalam pot ini, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Pemilihan bibit

Bibit yang dipilih sebaiknya bibit yang merupakan hasil perbanyakan vegetatif seperti bibit hasil stek, okulasi, cangkok, atau mengenten. Hal itu dilakukan untuk bisa mendapatkan bibit tanaman yang unggul baik dari segi ketahanan maupun produksi.

  1. Pemilihan media tanam

Tanaman yang ditanam dengan metode tabulampot adalah tanaman buah, yang pada hakekatnya tumbuh pada media tanah, sehingga upayakan ketika memilih media, tanah lah yang harus diutamakan, dengan ditambah pupuk kandang atau arang sekam untuk menunjang nutrisi.

  1. Penanaman

Metode penanaman dalam tabulampot yang baik sejatinya sama seperti metode penanaman tanaman lainnya dalam pot. Perhatikanlah tata cara penanaman yang benar, supaya tanaman tidak mengalami stres yang berlebihan saat pindah tanam.

  1. Penyiraman

Kebutuhan air harus cukup bagi tanaman dalam pot. Oleh sebab itu, untuk memastikan banyaknya kadar air dalam tanah perlu diperlukan pengecekan rutin, pengecekan ini sendiri bisa dilakukan pada waktu sore, siang, ataupun pagi hari.

  1. Pemupukan

Tanaman buah yang ditanam di dalam pot tidak terlalu memerlukan perkembangan fisik tanaman, misalnya pada batang, sebab tanaman buah ini memang bertujuan ditanam didalam pot yang cenderung kecil dan perkembangan fisikya terbatas, sehingga penggunaan pupuk untuk nutrisinya pun harus diubah.

Pupuk anorganik dengan kandungan utama Nitrogen (N) yang pada umumnya digunakan sebagai pupuk dasar, gantilah dengan pupuk kandang yang benar-benar sudah terfermentasi sempurna.

  1. Pemangkasan

Pemangkasan dalam tabulampot adalah hal yang harus diperhatikan, sebab pemangkasan bukan hanya bertujuan untuk mempercantik tanaman, tapi juga untuk mempertahankan bentuk dan mengoptimalkan fase pembungaan dan pembuahan pada tabulampot.

Jenis Tanaman Budidaya Tabulampot Buah

Sedangkan untuk beragam tanaman buah yang bisa di budidayakan dalam jenis tabulampot ini sendiri, antara lain sebagai berikut;

Kelapa

Jenis tanaman kelapa yang bisa dilakukan teknik dalam arti budidaya tabulampot ini sendiri ialah tanaman kelapa, tumbuhan ini sejatinya menjadi salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat, misalnya dipergunakan sebagai tanaman hias, obat, dan lain sebaginya.

Mangga

Tanaman mangga menjadi salah satu jenis tabulampot yang banyak ditemukan dalam kehidupan masyarakat, hal ini lantaran jenis mangga menjadi buah yang banyak disukai oleh masyarakat. Tumbuhan ini sendiri biasanya menghasilkan ketika musim kemarau tiba.

Pepaya

Tumbuhan pepaya menjadi salah satu tumbuhan tabulampot yang mudah ditemukan dalam kehidupan masyarakat. Tanaman ini ditemukan dalam berbagai pekarangan serta bisa di manfaatkan secara langsung misalnya saja untuk pembuatan juz, dan lain sebaginya.

Alpukat

AKhir-akhir ini Alpukat menjadi salah satu tanaman tabulampot yang diminati oleh banyak orang. Alasannya Alpukat memiliki struktur batang yang kuat sehingga tidak mudah tumbang selain itu dari segi perawatannya juga tidak terlalu sulit.

Nah, itulah tadi penjelasna serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan cara budidaya tabulampot dalam berbagai jenis tanaman buah. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *