Contoh Ternak Hewan Besar

Diposting pada

Ternak dalam Bahasa Ingris disebut livestock, sedangkan dalam istilah jawa dikenal sebagai rajakaya. Secara sederhana ternak dapat diartikan sebagai hewan yang dibidayakan untuk menghasilkan keuntungan. Terdapat beragam jenis ternak, diantaranya yaitu ternak hewan besar, ternak hewan kecil, dan ternak unggas.

Produksi ternak merupakan komponen yang sangat penting dari ekonomi pertanian di negara-negara berkembang, suatu kontribusi yang melampaui produksi makanan termasuk penggunaan multiguna, seperti kulit, serat, pupuk dan bahan bakar, serta akumulasi modal. Selain itu, ternak terkait erat dengan kehidupan sosial dan budaya beberapa juta petani miskin sumber daya yang kepemilikan ternaknya memastikan berbagai tingkat pertanian berkelanjutan dan stabilitas ekonomi.

Ternak Hewan Besar

Ternak hewan besar adalah serangkaian kegiatan peternakan yang diusahakan dengan memelihara hewan yang berukuran besar. Ternak hewan besar dilakukan untuk mengambil manfaat dari hewan ternak berupa susu, daging, kulit.

Bisa juga dimanfaatkan tenaganya sebagai alat transportasi atau membajak. Kotoran ternak juga bisa digunakan sebagai pupuk alamiah yang diperlukan dalam usaha kegiatan pertanian dan beragam jenis tanaman perkebunan.

Contoh Ternak Hewan Besar

Contoh ternak hewan besar  yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain adalah sebagai berikut;

Sapi

Ternak Hewan Besar Sapi

Terdapat dua jenia sapi yang biasanya diupayakan sebagai ternak, yaitu sapi potong dan sapi perah. Sapi potong dimanfaatkan hasil dagingnya sebagai bahan pangan. Daging sapi dapat dijadikan beragam olahan masakan, bisa juga digunakan sebagai bahan untuk memproduksi penyedap rasa pada makanan melalui olahan pabrik. Peternakan sapi potong banyak terdapat di Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara.

Sedangkan sapi perah dimanfaatkan hasil perahannya yaitu berupa susu sapi. Daerah distribusi peternakan sapi perah diantaranya yaitu di Lembang (Jawa Barat), Boyolali (Jawa Tengah), dan Grati (Jawa Timur).

Ternak sapi membutuhkan modal yang cukup banyak, yaitu untuk modal membeli sapi dan menyediakan kandangnya. Perawatannya pun cukup banyak, mulai dari pakan utamanya (rumput), hingga membersihkan kotorannya yang lumayan banyak. Hal ini tentunya akan membutuhkan tenaga ekstra  dari pada melakukan ternak pada jenis hewan yang lainnya.

Akan tetapi, hasil ternak yang jauh lebih tinggi dibandingkan hewan ternak lainnya menjadikan usaha yang dilakukan tersebut seimbang dengan hasil yang didapatakan.

Kerbau

Ternak Hewan Besar Kerbau

Kerbau termasuk komoditas ternak besar yang banyak dimanfaatkan tenaganya oleh penduduk. Persebaran peternakan kerbau terdapat di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra Barat, dan Sumatra Utara. Selain itu ada juga di Tana Toraja Sulawesi Selatan.

Kerbau bukan hanya dimanfaatkan tenaganya, tapi daging kerbau juga menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang dijadikan bahan baku untuk membuat makanan seperti  Soto kudus, Sate kerbau, dadih dari Sumatera Barat dan sebagainya.

Kerbau bisa dikatakan sebagai ternak yang istemewa sebab menjadi ternak yang berkaitan erat dengan beberapa kebudayaan di Indonesia, seperti upacara-upacara adat yang ada di tanah toraja, menggunakan kerbau dalam ritualnya.

Kuda

Ternak Hewan Besar Kuda

Kuda merupakan jenis ternak hewan besar yang banyak dimanfaatkan sebagai alat transportasi yang utama sebelum ada sarana transportasi kendaraan bermotor.

Jenis kuda yang biasa diternakkan di Indonesia berasal dari Arab Saudi, Persia, dan Mongolia. Kuda-kuda impor yang berasal dari ketiga negara tersebut dikawinsilangkan untuk mendapatkan jenis kuda baru, dengan harapan untuk mendapatkan keturunan unggul, seperti kuda Sandel (Sandel Wood) di Sumbawa, kuda batak, dan kuda di Pulau Jawa.

Kini juga telah banyak dilakukan usaha untuk meningkatkan kualitas ternak kuda yang dilakukan dengan cara melakukan perkawinan silang antara kuda jenis Australia dengan kuda sandel. Selain untuk keperluan ekspor, fungsi utama kuda sandel adalah untuk membajak lahan pertanian penduduk.

Itulah tadi beragam nama-nama hewan ternak besar yang dilihat dari contoh dan jenisnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segena pembaca yang pada saat ini sedang membutuhkannya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *