Contoh Ternak Hewan Kecil

Diposting pada

Ternak ialah hewan jinak yang dipelihara yang seluruh kehidupannya mencakup kandang, makanan, perkembangbiakan (reproduksi), kesehatan, pengelolaan dan pemanfaatannya diatur oleh manusia.
Sistem peternakan menempati sekitar 30 persen area permukaan terestrial bebas-es di planet ini (Steinfeld et al. 2006) dan merupakan aset global yang signifikan dengan nilai setidaknya $ 1,4 triliun.

Sektor peternakan semakin terorganisir dalam rantai pasar yang panjang yang mempekerjakan setidaknya 1,3 miliar orang secara global dan secara langsung mendukung mata pencaharian 600 juta petani kecil di negara berkembang (Thornton et al. 2006). Pemeliharaan ternak, khususnya pada hewan kecil menjadi strategi pengurangan risiko yang penting bagi masyarakat yang rentan, dan ternak merupakan penyedia nutrisi penting. Sebab produk ternak berkontribusi 17 persen untuk konsumsi kilokalori dan 33 persen untuk konsumsi protein secara global, tetapi ada perbedaan besar antara negara kaya dan miskin (Rosegrant et al. 2009).

Ternak Hewan Kecil

Ternak hewan kecil adalah kegiatan peternakan yang diusahakan dengan memelihara hewan yang berukuran kecil. Sama halnya dengan ternak hewan besar, ternak hewan kecil juga dilakukan untuk mengambil manfaat dari hewan ternak berupa susu, daging, dan kulitnya. Termasuk untuk para pemilik modal dengan jumalh minim biasanya lebih tertarik untuk beternak hewan kecil.

Sistem peternakan memiliki efek positif dan negatif pada basis sumber daya alam, kesehatan masyarakat, keadilan sosial dan pertumbuhan ekonomi (World Bank, 2009). Saat ini, ternak adalah salah satu subsektor pertanian yang tumbuh paling cepat di negara-negara berkembang.

Contoh Ternak Hewan Kecil

Adapu untuk beragam contoh ternak hewan kecil dilihat dari jenis-jenisnya, antara lain sebagai berikut;

Kambing

Hewan Ternak Kecil Kambing

Ternak kambing banyak dilakukan di Indonesia. Hewan ternak yang satu ini banyak dimanfaatkan dagingnya sebagai sumber protein hewani yaitu untuk makanan seperti sate kambing, gulai dan juga dimanfaatkan sebagai ritual keagamaan seperti akikah.

Selain diambil dagingnya, ternak kambing juga bisa dimanfaatkan kulit, susu, dan bulunya. Kulit kambing biasanya digunakan sebagai bahan baku industri untuk membuat tas dan sepatu. Terdapat dua cara pemeliharaan kambing yang umum dilakukan penduduk, yaitu dengan cara penggembalaan di kawasan tegalan atau dengan cara dikurung di kandang, hanya sewaktu-waktu dilepas atau digembalakan.

Domba

Hewan Ternak Kecil Domba

Ternak domba selain dimanfaatkan dagingnya, hasil yang paling menonjol daro beternak domba adalah bulunya yang digunakan sebagai bahan baku kain wol, yang memiliki harga relatif mahal.

Akan tetapi, di Indonesia sendiri ternak domba lebih banyak diambil dagingnya, sedangkan hanya beberapa saja yang memanfaatkan bulunya karena masih rendahnya pasar untuk wol. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi iklim kita yang memang kurang cocok untuk memproduksi wol.

Kelinci

Hewan Ternak Kecil Kelinci

Ternak kelinci bisa dikatakan mempunyai peluang usaha yang bagus karena kelinci termasuk hewan yang mudah untuk dijinakkan, mudah beradaptasi dan cepat berkembangbiak.

Secara umum, ternak kelinci dikelompokkan menjadi dua, yaitu kelinci budidaya dan kelinci hias. Kelinci budidaya merupakan jenis kelinci yang dibudidayakan untuk dikonsumsi dagingnya atau diambil kulit dan bulunya, sedangkan kelinci hias merupakan jenis kelinci untuk hewan kesayangan.

Nah, demikianlah daftar nama-nama ternak hewan kecil berdasarkan pada contoh dan jenisnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan refrensi serta menambah wawasan bagi segenap pembaca sekalian yang sedang membutuhkan. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *