Tujuan Menanam Tanaman Apotek Hidup

Diposting pada

Tujuan dan Fungsi Apotek Hidup

Tujuan menanam apotik hidup di masing-masing halaman rumah memiliki peranan penting dalam kehidupan. Pasalnya setiap arti tumbuhan yang berkategori apotik hidup mampu difungsikan untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada di masyarakat.

Bahkan, Pada 2017 mengisyaratkan bahwa potensi pasar global untuk ekstrak botani dan obat-obatan diperkirakan mencapai beberapa ratus miliar dolar. Meskipun dibanyak negara, ada sedikit peraturan tentang obat tradisional, tetapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengoordinasikan jaringan untuk mendorong penggunaan yang aman dan rasional.

Apotek Hidup

Apotek hidup pada dasarnya ialah tumbuhan yang memanfaatkan sebagian tanah untuk ditanami tanaman obat-obatan yang berguna untuk keperluan sehari-hari. Dimana untuk arti tumbuhan obat ini kerapkali dikenal oleh masyarakat juga jamu sehingga secara tidak langsung dalam praktik sendiri, khususnya di Indonesia dijadikan pengobatan tradisional.

Tujuan Apotek Hidup

Beberapa bagian penting yang menjadi fungsi dan tujuan dalam menanam apotek hidup, antara lain;

  1. Dijadikan Obat-Obatan

Tak dapat di mushili bahwa tujuan utama dalam menanam apotik hidup ialah dijadikan obat-obatan. Alasannya karena dengan langkah inilah setidaknya mampu meminimalisir bahan-bahan kimia yang berjenis obat dengan kadar resiko yang lebih tinggi.

  1. Memberikan Nilai Tambah dalam Ekonomi

Diakui ataupun tidak, berbagai tanaman obat banyak digunakan di masyarakat non industri, terutama karena sudah tersedia dan lebih murah daripada obat-obatan modern. Bahkan untuk nilai ekspor global tahunan dari ribuan jenis tanaman dengan dugaan sifat obat diperkirakan mencapai US $ 2,2 miliar pada 2012. Hal inilah setidaknya mengindikasikan beberapa manfaat dari tumbuhan ini.

  1. Mengurangi Terhadap Obat Kimia

Tumbuhan dalam kategori apotik hidup mensintesis ratusan senyawa kimia untuk fungsi termasuk pertahanan terhadap serangga, jamur, penyakit, dan mamalia herbivora. Banyak fitokimia dengan aktivitas biologis potensial atau mapan telah diidentifikasi. Namun, karena satu tanaman mengandung fitokimia yang sangat beragam, efek menggunakan seluruh jenis tanaman obat tidak pasti.

Lebih lanjut kandungan fitokimia dan tindakan farmakologis, jika ada, dari banyak tanaman yang memiliki potensi obat tetap tidak dinilai oleh penelitian ilmiah yang ketat untuk menentukan kemanjuran dan keamanan. Oleh karena itulah salah satu tujuannya diperlukan tanaman apotik hidup.

Contoh Tanaman Apotek Hidup

Adapun untuk contoh tumbuhan yang termasuk dalam apotik hidup. Antara lain;

  1. Temu Lawak

Temu lawak merupakan tanaman apotek hidup yang memiliki khasiat sebagai anti inflamasi atau anti radang, anti hepototoksik atau anti keracunan empedu, hepatoprotektor yaitu untuk mencegah penyakit hati, menurunkan kadar kolesterol, laxative atau pencahar, diuretik atau peluruh kencing, dan menghilangkan nyeri sendi.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa semua tanaman menghasilkan senyawa kimia yang memberi mereka keuntungan evolusi, seperti bertahan melawan herbivora atau, dalam contoh asam salisilat, sebagai hormon pertahanan tanaman. Fitokimia ini memiliki potensi untuk digunakan sebagai obat, dan kandungan serta aktivitas farmakologis dari zat-zat ini dalam tanaman obat adalah dasar ilmiah untuk penggunaannya dalam pengobatan modern, jika dikonfirmasi secara ilmiah.

Misalnya, bakung (Narcissus) mengandung sembilan kelompok alkaloid termasuk galantamin, yang dilisensikan untuk digunakan melawan penyakit Alzheimer. Alkaloid terasa pahit dan beracun, dan terkonsentrasi di bagian tanaman seperti batang yang paling mungkin dimakan oleh herbivora. Mereka juga dapat melindungi dari parasit. Tanaman-tanaman yang memiliki kandungan senyawa kimia yang dapat mengobati inilah yang biasanya ditanam di pekarangan rumah yang disebut dengan apotek hidup.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada semua pembaca berkenaan dengan tujuan dan fungsi menanam tanaman apotek hidup. Semoga saja mampu memberikan wawasan bagi semua kalangan yang sedang membutuhkannya.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *