Tujuan Utama Diversifikasi Pertanian

Diposting pada

Tujuan Utama Diversifikasi Pertanian

Diversifikasi dalam bidang pertanian hakekatnya merupakan langkah pada penyeimbangan ekonomi dengan pengelolaan lingkungan hidup. Hal ini mulai banyak dilakukan sebagai upaya untuk penunjang perbaikan ekonomi dan juga keperluan produksi hasil pertanian yang dikelola dalam berbagai jenis lahan pertanian yang ada.

Bahkan pada saat ini diversifikasi sudah banyak diaplikasikan pada pertanian modern yang mana model ini lebih menguntungkan dibandingkan dengan sistem pertanian tradisional. Atas alasan tersebutlah banyak para pakar menyebutkan bahwa diversifikasi pertanian lebih menguntungkan.

Diversifikasi Pertanian

Secara harfiah, makna dari diversifikasi dalam arti pertanian menurut Department for Environment, Food and Rural Affairs (DEFRA) adalah “bagaimana upaya mendapatkan keuntungan komersiil dengan penggunaan sumber daya pertanian atau agribisnis untuk tujuan non-pertanian”.

Pemanfaatan sumber daya pertanian di beberapa negara maju sudah dikembangkan pada sekitaran tahun 2003 dan bahkan sudah diterapkan di Inggris demi tujuan pangsa pasar yang lebih besar.

Tujuan Diversifikasi Pertanian

Dalam jangka panjang diversifikasi pertanian memiliki tujuan sebagai proses penerapan sistem pertanain terpadu konvensional yang menjaga lingkungan sekaligus penerapan ke bidang yang lebih tinggi yaitu menguasai pasaran. Dan beberapa tujuan diversifikasi pertanian antara lain :

Penyeimbang ekosistem pada pertanian

Dalam rantai makanan terdapat produsen, konsumen I, konsumen II, dan Pengurai. Apabila terjadi ketidak seimbangan dalam satu mata rantai saja, maka akan terjadi peledakan populasi pada salah satu mata rantai. Maka, semakin rumit atau semakin beragam suatu populasi maka kestabilan akan semakin tinggi. Oleh karena itulah

Memanjemen produksi

Keberagaman dapat memanjemen produksi hasil pertanian. Semial, dalam hal ini suatu lahan pertanian terdapat 10 blok dan terdapat satu varietas, dipanen serempak maka akan pada musim selanjutnya tidak dapat menyuplai produk pertanian lagi.

Oleh sebab itu diperlukan keberagaman agar suplai produk tetap terjaga. Sehingga pada proses inilah diversifikasi pertanian amat sangat diperlukan.

Peningkatan pendapatan

Diversitas secara ekonomi berdampak pada peningkatan pendapatan. Dengan berbagai jenis tanaman inilah akan menghasilkan beragam nilai jual. Pemanfaatan sumber daya yang beragam pada berbagai jenis tanaman ini juga akan akan meningkatkan produksi.

Mengelola Kesuburan Tanah

Kesuburan tanah menjadi sangat penting dalam peningkatan hasil pertanian. Dengan diversifikasi inilah sejatinya kesuburan tanah dapat terjaga dengan baik, lantaran dengan konsep ini sistem pertanian terpadu juga menjadi sangat mudah diterapkan.

Itulah tadi uraian artikel pertanian yang bisa kami sebutkan pada segenap pembaca berkaitan dengan tujuan diversifikasi pertanian yang kebanyan orang lain. Semoga memberikan edukasi serta referensi bagi semuanya pembaca. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *