Tujuan Metode Penelitian Berdasarkan Jenisnya

Diposting pada

Tujuan Metode Penelitian Adalah

Metodologi penelitian merupakan suatu pemeriksaan yang tersusun secara sistematis bertujuan untuk meningkatkan sejumlah  pengetahuan, juga merupakan usaha yang terorganisar untuk menyelidiki masalah dalam membuat topik penelitian yang membutuhkan jawaban.

Atas dasar inilah metode penelitian dijadikan prinsip dasar yang diterapkan dalam proses penelitian. Oleh karena itu pada artikel ini akan mengulas tentang tujuan pembuatan metode penelitian.

Metode Penelitian

Metodologi secara etimologi, metodologi berbeda dengan metode. Kedua istilah tersebut memang sering kali dipakai secara bergantian karena mempunyai arti yang mirip. Ilmuwan bernama Andrew Abbott membedakan pengertian kedua istilah tersebut sebagai berikut:

  1. Metodologi adalah prinsip dasar
  2. Metode adalah teknik penerapannya

Pengertian Metodologi Penelitian Menurut Para Ahli

Metodologi penelitian berasal dari kata metode yang berarti cara yang tepat untuk melaksanakan sesuatu dan logos yang berarti ilmu atau pengetahuan. Jadi metodologi berarti cara melaksanakan sesuatu dengan menggunakan pikiran secara seksama untuk mencapai suatu tujuan.

Berikut adalah penegertian metodologi penelitian menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut:

  1. Nasir, menurutnya metode penelitian sebagai cara utama yang digunakan  peneliti untuk mencapai tujuan dan menentukan jawaban atas masalah yang diajukan.
  2. Winarno, definisi metode penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan teknik yang teliti dan sistematik.
  3. Muhiddin Sirat, arti metode penelitian berdasarkan definisi Muhiddin SIrat adalah suatu cara memilih masalah dan penentuan judul penelitian.
  4. Sugiyono, definisi metode penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu

Tujuan Metode Penelitian

Pada dasarnya untuk penggunaan dalam pilihan metodologi mana yang akan digunakan akan tergantung pada pertanyaan penelitian, formulasi yang ada ini ada korelasinya dengan tujuan penelitian. Baik berdasarkan jenis penelitian ataupun secara umum.

Metode Penelitian Berdasarkan Jenisnya

Sedangkan jika dilihat dari tujuannya penelitian dikelompokkan menjadi beberapa bagian, yang kesemua ini sesuai dengan jenis metode penelitian yang dipergunakan. Penjelasan tersebut antara lain sebagai berikut;

Penelitian Eksploratif

Dalam penelitian eksploratif atau bahasa inggris explorative research, tujuan metode ini yaitu untuk menemukan ilmu pengetahuan yang baru dengan hasil yang empiris sesuai dengan kaedah riset yang ada.

Penelitian Pengembangan

Sedangkan untuk penelitian pengembangan yang disebut juga dengan development research, metodologi ini bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah ada. Sehingga hasil yang dilakukan bukan untuk membandingkan ataupun mencari pengetahuan baru.

Penelitian Verifikatif

Selanjutnya dalam penelitian verifikatif yang bahasa inggrisnya dikenal dengan verificative research, metodologi dalam penelitian yang bertujuan untuk menguji kebenaran dari ilmu pengetahuan yang sudah ada.

Penelitian Sejarah

Penjelasan tentang tujuan dalam penelitian sejarah (historical research) adalah penelitian yang menggambarkan ilmu-ilmu yang telah ada. Prosesnya meliputi penyelidikan, pencatatan, analisis dan interpretasi dari kejadian yang telah ada dengan tujuan untuk menemukan generalisasi.

Penelitian Deskriptif

Selanjutnya dalam fungsi untuk penelitian deskriptif (descriptive research) yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan hal yang terjadi saat ini.

Penelitian Eksperimen

Penggunaan metodologi penelitian eksperimen dalam bahasa inggris experimental research  yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan deskripsi apa yang terjadi jika variabel tertentu dikontrol secara tertentu.

Metode Penelitian Secara Umum

Secara umum, tujuan dari penggunaan metodologi penelitian, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Metodologi penelitian membantu kita mendapatkan solusi untuk suatu masalah.
  2. Studi tentang metode penelitian memberikan pelatihan untuk menerapkannya pada suatu masalah. Studi tentang metodologi penelitian memberi kita pelatihan yang diperlukan dalam memilih metode, bahan, alat ilmiah dan pelatihan teknik yang relevan untuk masalah yang dipilih.
  3. Bagian metode menjelaskan tindakan yang harus diambil untuk menyelidiki masalah penelitian dan alasan penerapan prosedur atau teknik khusus yang digunakan untuk mengidentifikasi, memilih, memproses, dan menganalisis informasi yang diterapkan untuk memahami masalah, sehingga memungkinkan pembaca untuk mengevaluasi secara kritis suatu validitas dan reliabilitas keseluruhan studi.

Dari penjelasan diatas, perlu dicatat bahwa penting bagi seorang peneliti untuk merancang metodologi untuk masalah yang dipilih. Satu hal yang harus dicatat bahwa meskipun metode yang dipertimbangkan dalam dua masalah sama dengan metodologi mungkin berbeda.

Penting pula bagi seorang peneliti untuk mengetahui tidak hanya metode penelitian diperlukan untuk penelitian yang sedang dilakukan tetapi juga metodologinya. Metodologi penelitian memberi tahu Anda metode atau rumus.

Cara Membuat Metodologi Penelitian

Setiap kali masalah ilmiah harus diselesaikan ada beberapa langkah penting untuk diikuti. Masalahnya harus dinyatakan dengan jelas, termasuk asumsi penyederhanaan. Seringkali, buku teks yang lebih maju atau artikel ulasan akan perlu belajar tentang teknik dan prosedur.

Selanjutnya, hasilnya harus ditafsirkan untuk sampai pada suatu keputusan. Ini akan membutuhkan pengalaman dan pemahaman tentang situasi di mana masalah tertanam.

Berikut merupakan cara-cara yang terdapat dalam lingkup metodologi penelitian yaitu identifikasi masalah; perumusan masalah; pendekatan penelitian; penentuan metode penelitian seperti dengan memakai metode penelitian historis, penelitian deskriptif, penelitian perkembangan atau penelitian tindakan dan lain sebagainya.

Secara lebih lengkap, satu set umum komponen sekuensial penelitian adalah sebagai berikut:

  1. Pemilihan topik penelitian
  2. Definisi masalah penelitian
  3. Survei literatur dan koleksi referensi
  4. Penilaian status terkini dari topik yang dipilih
  5. Perumusan hipotesis
  6. Desain penelitian
  7. Investigasi aktual
  8. Analisis data
  9. Interpretasi hasil
  10. Membuat laporan penelitian

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang telah kami paparkan terkait dengan beragam tujuan metode penelitian berdasarkan jenis serta secara umumnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta pengetahuan yang mendalam. Trimakasih,

Berikan Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *