Tujuan Pertanian Organik Secara Umum

Diposting pada

Sistem Pertanian Organik

Pertanian dengan sistem organik sejatinya merupakan solusi atas beragam pemanfaatan lahan pertanian. Yang mana istilah untuk pertanian organik ini muncul pertamakali pada tahun 1960-an sebagai jawaban konferensi revolusi hijau.

Pertanian Organik

Pertanian Organik adalah serangkaian bentuk dalam berbagai macam budidaya bidang pertanian yang senantiasa mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan sedikitpun bahan kimia sintetis. Hal ini beralaskan pada bahayanya penggunaan bahan kimia untuk tumbuah manusia secara norma.

Latar belakang munculnya pertanian dengan sistem organik pada era modern ini karena kurangnya tingkat kesuburan pada tanah serta terdapatnya berbagai kerusakan lingkungan akibat pemakaian pupuk dan pestisida.

Pengertian Pertanian Organik Menurut Para Ahli

Adapun menurut pendapat ahli, definisi atas pertanian dengan sistem organik ini. Antara lain;

  1. Badan Standardisasi Nasional (2002), pengertian sistem dalam pertanian organic adalah suatu proses pengelolaan produk telah yang telah diproduksi dengan mempergunakan standar yang diberlakukan oleh lembaga sertifikasi resmi.

Tujuan Pertanian Organik

Tujuan yang menjadi penyebab adanya pertanian oraganik dikembangkan dangan sistem pertanian tradisional ataupun pertanian modern. Antara lain;

Mengoptimalkan Kesehatan

Kesehatan menjadi salah satu masalah penting dalam dunia pertanian. Dengan demikianlah maksud adanya pertanian organik ini tak lain karena bentuk kepedulian masyarakat terutama para ahli terkait penggunaan bahan-bahan kimia dalam berbagai jenis lahan pertanian yang berdampak sangat membahayakan.

Memberikan Jaminan Mutu

Maksud lain dari penggunaan dalam pertanian organik adalah munculnya jaminan mutu yang sudah di standarfikasi oleh lembaga Negara. Dalam hal ini tetep bertujuan memberikan kualitas terbaik untuk masyarakat yang memang tidak bisa lepas dari bidang pertanian.

Memberikan Pengobtimalan Produktivitas Bidang Pertanian

Terdapatnya produktivitas yang muncul dalam tujuan pertanian organik ini dikelola secara luas oleh berbagai komunitas interdependen dari berbagai element untuk menciptakan produk-produk dengan kualitas serta meningkatkan penghasilan dalam berbagai pertanian.

Atas tujuan-tujuan tersebutlah, sejauh ini sistem dengan pertanian organic sangat disambut oleh banyak kalangan masyarakat, meskipun diakui ataupun tidak dengan pemahaman yang berbeda. Hal ini lantaran kelemahan dalam pertanian organic kerapkali menciptakan produk yang lebih lambat dalam memperoleh hasil.

Prinsip Pertanian Organik

Sebagai tambahan atas pengelolaan dengan mempergunakan pertanian organik ini, akan selalu didarkan pada berbagai prinsip. Antara lain;

  1. Kesehatan
  2. Ekologi
  3. Keadilan
  4. Perlindungan

Nah, itulah tadi serangkaian penjelasan serta pengulasan yang bisa diberikan kepada segenap pembaca terkait dengan tujuan sistem pertanian organik dikembangkan dalam kehidupan masyarakat. Semoga melalui artikel ini memberikan referensi kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Daftar Pustaka
  • Dr. Maisura,SP.,MP. FAPERTA UNIMAL. 2016. Konsep dasar Pertanian Organik. PDf, http://repository.unimal.ac.id/1278/1/BAB%20PENDAHULUAN-1.pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *