Pengertian Umbi Lapis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Contohnya

Diposting pada

Umbi Lapis Adalah

Umbi ialah salah satu organ tumbuhan yang termodifikasi dari organ lain pada tumbuhan yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpan zat tertentu (pada umumnya karbohidrat). Organ yang termodifikasi tersebut bisa berupa daun, batang, atau akar. Ada istilah umbi akar (bulb) yang mengacu pada umbi yang tersusun dari modifikasi tumpukan (pangkal) daun dalam format roset.

Salah satu ciri dari umbi lapis adalah pangkal daun pada umbi lapis, yang juga dikenal sebagai sisik, mengandung cadangan makanan untuk memungkinkan tanaman bertahan dari kondisi cuaca buruk. Di tengah umbi lapis ada titik tumbuh vegetatif atau pucuk berbunga yang tidak tumbuh. Contoh tanaman yang tergolong umbi lapis adalah bawang merah, bawang putih, dahlia, yang masing-masing memiliki manfaat yang beragam.

Umbi Lapis

Umbi lapis mudah dikacaukan dengan sejenis umbi asal batang yang dikenal sebagai cormus atau bulbotuber. Apabila dilihat dari strukturnya, umbi lapis berbeda dengan cormus.

Ketika umbi lapis dibelah, akan terlihat lapisan-lapisan sampai ke bagian paling pusat, sedangkan cormus, dikarenakan berasal dari batang, maka ketika dibelah akan memperlihatkan struktur padat yang serupa dengan rimpang.

Pengertian Umbi Lapis

Umbi lapis adalah hasil metamorfosis dari bagian batang dan daun pada tanaman. Jenis umbi yang satu ini dinamakan umbi lapis dikarenakan memperlihatkan adanya susunan yang berlapis-lapis.

Susunan berlapis tersebut terdiri atas daun-daun yang telah menebal, lunak, dan berdaging, yang merupakan bagian umbi yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, sedangkan bagian batang hanya merupakan bagian kecil yang terletak di bagian bawah umbi lapis itu.

Klasifikasi Umbi Lapis

Berdasarkan sisiknya, umbi lapis bisa diklasifikasikan menjadi dua yaitu berlapis dan bersisik. Berikut penjelasannya:

Berlapis (Bulbus squamosus)

Yaitu umbi lapis yang daunnya merupakan bagian yang lebar, daun yang lebih luar menyelubungi bagian yang lebih dalam, sehingga ketika umbi diiris membujur akan tampak jelas susunannya yang berlapis-lapis. Contoh umbi lapis jenis ini adalah Bawang Merah (Allium cepa L.).

Bersisik (Bulbus squamosus)

Yaitu umbi lapis yang metamorfosis daun-daunnya bukan merupakan bagian yang lebar yang bisa menyelubungi seluruh umbi, melainkan tersusun seperti genting. Contoh umbi lapis jenis ini adalah Lilia (Lilium candidum L.).

Ciri Morfologi Umbi Lapis

Umbi lapis terdiri atas bagian-bagian berikut:

Subang atau Cakram (discus)

Bagian ini sebenarnya adalah mirip dengan umbi batang, tapi berukuran kecil dengan ruas-ruas yang sangat pendek, memiliki bentuk seperti cakram, dan terdapat kuncup-kuncup.

Sisik-sisik (tunica atau squama)

Bagian ini merupakan metamorfosis daun yang menjadi tebal, lunak, dan berdaging, dan sebagai tempat penyimpanan zat-zat makanan cadangan.

Kuncup (gemmae)

Kuncup ini bisa dibadakan menjadi dua:

  • Kuncup Pokok (gemma bulbi)

Yaitu kuncup ujung yang terdapat pada bagian atas cakram yang tumbuh ke atas mendukung dau-daun serta bunga.

  • Kuncup Samping

Yaitu umbi lapis kecil-kecil, berkelompok di sekitar umbi induknya. Bagian ini dinamakan dengan siung (bulbus) atau anak umbi lapis. Misalnya yang terdapat pada Bawang Merah (Alium cepa L.).

Akar-akar Serabut

Umbi lapis memiliki akar serabut yang terdapat pada bagian bawah cakram.

 Untuk bisa membedakannya dengan jenis umbi lainnya, umbi lapis memiliki beberapa ciri khas, diantaranya yaitu:

  1. Bentuknya berlapis-lapis
  2. Pada potongan tengahnya tedapat tunas
  3. Tumbuhnya membengkak di dalam tanah
  4. Pada permukaan atasnya berbuku-buku
  5. Umbi lapis yang baru tumbuh tunas pada ketiak terluarnya

Contoh Umbi Lapis

Adapun untuk beragam contoh yang termasuk dalam tanaman umbi lapis, antara lain adalah sebagai berikut;

Dahlia

 Dahlia merupakan tanaman perdu berumbi yang bersifat tahunan (perenial). Tanaman ini berbunga ketika musim panas sampai musim gugur. Ini adalah bunga nasional negara Meksiko yang sekaligus menjadi negara asal bunga ini. Selain itu, Dahlia juga menjadi bunga resmi kota Seattle, negara bagian Washington, Amerika Serikat.

Nama Dahlia sebenarnya diberikan untuk menghormati seorang ahli botani berkebangsaan Swedia dari abad ke-18 yang bernama Anders Dahl.

Bunga Dahlia terdiri atas ratusan kultivar. Sebagian besar varietas tanaman Dahlia bisa menghasilkan bunga berwarna cerah dan mempesona, sehingga Dahlia menjadi komoditas penting bagi industri bunga potong dan tanaman pot. Tanaman ini merupakan makanan larva beberapa spesies Lepidoptera (jenis kupu-kupu). Selengkapnya, bacaContoh Umbi Lapis dan Udara

Itulah tadi serangkain artikel yang bisa kami jelaskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian umbi lapis, klasifikasi, ciri morfologi, dan contohnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan mendalam. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *