Pengertian Umbi Umbian, Jenis, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Umbi Umbian Adalah

Umbi-umbian dapat dimanfaatkan sebagai sumber bahan pangan pokok dengan kandungan karbohidrat dalam bentuk pati yang tinggi serta kandungan serat yang dapat memenuhi kebutuhan makhluk hidup khususnya manusia. Pemanfaatan umbi dapat dilakukan dengan cara mengolahnya menjadi makanan tradisional dengan nilai ekonomis yang cukup untuk membantu meningkatkan perekonomian.

Selain menjadi makanan tradisional, olahan dari tanaman berumbi juga telah banyak berkembang melalui inovasi olahan yang bernilai jual tinggi dan menjadi primadona dipasaran. Umbi-umbian yang umumnya banyak dibudidayakan antara lain ubi jalar,talas, singkong dan kentang. Selain itu umbi lainnya seperti ganyong, gembili, gadung dan uwi juga dibudidayakan namun hanya didaerah tertentu saja.

Pengertia Umbi

Umbi merupakan organ pada tumbuhan yang mengalami perubahan bentuk dan ukuran yang diakibatkan perubahan fungsinya. Umbi dapat berfungsi sebagai salah satu alat perkembangbiakan pada tumbuhan yang telah mengalami modifikasi sehingga mempunyai fungsi lain. Umbi pada umumnya terbentuk dibawah permukaan tanah meskipun ada juga umbi yang terbentuk diatas maupun jauh di dalam permukaan tanah.

Jenis Umbi-umbian

Umbi pada tumbuhan terdapat beberapa jenis, antara lain yaitu:

Umbi Lapis

Umbi lapis merupakan jenis umbi yang terbentuk dari tumpukan daun yang rapat dalam susunan roset. Umbi lapis terbentuk dari beberapa tumbuhan berkeping satu atau monokotil seperti kelompok bawang-bawangan. Umbi lapis dianggap berbeda dari jenis umbi yang lain karena karbohidrat yang diakumulasikan bukan dalam bentuk polisakarida seperti umbi lainnya.

Pada umbi lapis, bagian pangkalnya terdapat bagian agak keras yang disebut cakram dan sebenarnya adalah batang. Kemudian pada umbi lapis akan tumbuh lapisan lapisan daun lunak, tebal serta berair dari cakram tersebut yang selanjutnya dapat terbentuk struktur membengkak yang disebut umbi. Apabila lapisan yang terbentuk kecil maka disebut sisik dan jika lapisan yang terbentuk besar dan saling menutupi maka disebut tunica.

Contoh umbi lapis adalah bawang merah (Allium cepa) yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Bawang merah berasal dari iran dan pakistan. Bawang merah banyak mengandung vitamin c, serat, kalium, zat besi dan asam folat. Bawang merah mentah juga dapat dijadikan sebagai acar dan obat tradisional serta daunnya dapat digunakan untuk sayuran.

Contoh lain dari umbi lapis adalah bawang putih (Allium sativum) yang dapat digunakan sebagai penyedap rasa pada masakan. Selain sebagai penyedap, bawang putih juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kutil.

Contoh selanjutnya adalah bawang bombai (Allium cepa Linn) yang berasal dari asia tengah. Bawang bombai terbentuk dari lapisan daun yang membesar dan bersatu, mempunyai akar serabut dan daunnya berbentuk seperti pipa namun pipih dengan ukuran yang lebih besar dari bawang merah. Bawang bombai dapat digunakan sebagai bumbu masakan, makanan oalahan serta penghias masakan.

Umbi Batang

Umbi batang atau tuber cauligenum adalah umbi termodifikasi batang tumbuhan yang tumbuh dan berkembang dibagian dalam tanah serta menggelembung pada bagian ujungnya seperti stolo atau rimpang.

Umbi batang dapat dimanfaatkan untuk alat perkembangbiakan tanaman tersebut karena ammpu mengahsilkan tunas dan akar. Contoh umbi batang adalah tanaman dari spesies Solanaceae yang umumnya banyak dikenal adalah kentang dan Asteraceae seperti umbi dahlia serta rimpang yang kebanyakan adalah bahan rempah.

Kentang merupakan salah satu contoh umbi batang ang merupakan tanaman semusim dan hidup pada dataran tinggi bersuhu dingin. Kentang mengandung karbohidrat sebagai sumber energi sehingga dapat digunakan untuk bahan makanan pokok kemudian kandungan mineral, protein, polifenol dan sejumlah vitamin yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup khususnya manusia. Selain itu pada kentang terdapat zat solanin yang dapat digunakan sebagai obat penenang, anti kejang dan anti jamur.

Talas merupakan salah satu contoh lain dari jenis umbi batang. Talas dapat dimanfaatkan sebagai makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia. Dalam talas terdapat kandungan karbohidrat yang tinggi, kadar lemak yang rendah dan kadar protein.

Selain itu dalam umbi talas terkandung beberapa vitamin seperti vitamin C, B6, E dan beta carotene yang berguna untuk mencukupi kebutuhan tubuh manusia. Kandungan serat ada talas juga membantu melancarkan pencernaan. Umbi talas juga bermanfaat untuk menjaga kolesterol darah tetap rendah, dapat mencegah resiko gangguan jantung dan tekanan darah tinggi karena kandungan potasium, mangan dan magnesium dalam talas.

Manfaat lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan mata, menjaga imunitas tubuh dan membantu memenuhi kebutuhan beragam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Telah banyak inovasi yang dilakukan pada umbi talas untuk dibuat beragam makanan olahan seperti camilan sehingga talas mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Umbi dahlia merupakan contoh umbi batang dari spesies Asteraceae. Dalam umbi bunga dahlia terkandung inulin yang merupakan polimer dari unit fruktosa. Inulin adalah salah satu komponen bahan pangan yang mempunyai kandungan serat tinggi. Dibidang farmasi, inuli biasanya berguna untuk melakukan uji fungsi pada ginjal. Dalam bidang pangan, inulin dapat digunakan sebagai pengganti lemak dan gula pada produk makanan yang rendah kalori.

Rimpang merupakan batang yang terdapat didalam tanah, becabang-cabang dan tumbuh mendatar. Dibagian ujung rimpang dapat tumbuh tunas yang akan muncul ke permukaan tanah dan membentuk tumbuhan baru. Rimpang dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakan suatu tanaman agar dapat dibudidayakan.

Contoh tanaman yang menggunakan rimpang sebagai modifikasi batang adalah jahe, kencur, kunyit yang sering digunakan sebagai bahan rempah dalam masakan maupun sebagai obat tradisional yang mempunyai banyak manfaat. Kandungan pada tanaman ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti masuk angin, sakit tenggorokan, masalah pencernaan, demam dan sebagainya.

Umbi Akar

Umbi akar yang mempunyai nama lain tuber rhizogenum merupakan umbi yang terbentuk dari akar. Umbi ini dapat terbentuk dari akar tunggang dan akar cabang. Umbi akar tidak dapat dijadikan bahan perbanyakan apabila tidak mempunyai titik tumbuh untuk tunas.

Contoh lainnya adalah ubi kayu atau singkong yang berasal dari akar cabang yang membesar. Umbi pada tanaman singkong dapat dimanfaatkan sebagai pengganti makanan pokok karena kandungan karbohidrat yang tinggi serta zat besi yang cukup untuk membantu pembentukan sel darah merah.

Ubi jalar merupakan tanaman umbi akar yang dibudidayakan melalui stolon atau geragih. Ubi jalar dapat digunakan sebagai bahan makanan yang sehat karena kandungan gizi karbohidrat kompleks yang tinggi. Dalam ubi jalar juga terkandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga berguna untuk merawat elastisitas kulit dan vitamin A serta beta carotene untuk menjaga kesehatan mata sampai mencegah kanker. Selengkapnya, bacaContoh Tanaman Umbi Akar dan Gambarnya

Umbi Udara

Umbi udara adalah umbi yang muncul pada bagian batang dan berada diatas permukaan tanah. Umbi ini dapat memunculkan tunas sehingga dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.

Tumbuhan yang mempunyai umbi semacam ini salah satunya adalah anggota Dioscoreaceae sepeti gembili dan uwi. Uwi merupakan tumbuhan semusim dengan umbi yang mempunyai bentuk beragam seperti bulat, pipih panjang, menjari maupun bercabang.

Umbi udara merupakan umbi berpati yang terbentuk dari batang yang memendek pada beberapa kelompok tumbuhan monokotil dan ditutupi oleh sisik atau disebut dengan bonggol umbi.

Bonggol umbi pada dasarnya adalah batang sejati bagi jenis tumbuhan yang memilikinya, sedangkan bagian yang muncul diatas permukaan tanah untuk menyangga daun merupakan tangkai daun majemuk atau pelepah. Bonggol umbi pada tanaman monokotil atau tanaman berkeping satu adalah homolog dengan bonggol pada pisang. Baca jugaContoh Umbi Lapis dan Udara

Manfaat Umbi

Adapun beberapa kegunaan tanaman umbi-umbian, diantaranya adalah sebagai berikut;

Antibiotik dan Antiseptik

Bawang putih mentah juga mengandung senyawa sulfur yang dapat digunakan sebagai antibiotik didalam tubuh. Selain itu dalam bawang merah juga terdapat senyawa alin yang mempunyai efek sebagai antiseptik.

Melancarkan Saluran Pencernaan

Inulin mempunyai sifat larut dalam air dan tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan. Inulin mempunyai sifat probiotik yang berfungsi sebagai substrat mikroflora yang menguntungkan dalam usus. Penggunaan inulin telah diterapkan dalam industri pangan untuk memproduksi makanan ringan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Wortel Kaya Akan Vitamin A dan B

Wortel adalah salah satu contoh tanaman umbi akar yang terbentuk dari akar tunggang. Wortel banyak mengandung vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata selain itu wortel juga mengandung vitamin B kompleks, fosfor, zat besi sodium, kalium, kalsium dan magnesium sehingga dapat dimanfaatkan juga sebagai obat sembelit, anti kanker dan penurun resiko stroke.

Itulah tadi beberapa penjelasan terkaiat dengan pengertian tanaman umbi-umbian, jenis, manfaat, dan contohnya dalam bidang pertanian. Semoga melalui tulisan ini dapat memberikan wawasan kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *